Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun ajaran 2013/2014

Nikmah, Ana Rifatun (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
11-ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa beberapa penyebab kurangnya hasil belajar yang optimal pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung Tahun ajaran 2013/2014 adalah adanya kesan yang kurang baik terhadap pelajaran matematika dan kurangnya motifasi siswa terhadap pelajaran matematika. Selain itu lebih menekankan pada aspek kognitif, yaitu pembahasan dengan teori – teori tentang masalah yang di hadapi, serta lebih menekankan bekerja secara individu. Oleh karena itu peneliti menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam pembelajaran matematika pokok bahasan pecahan sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana pencapaian hasil belajar matematika materi pecahan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika materi pecahan pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. xvii Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu, hasil belajar siswa siklus I (46,6 %), siklus II (86,7%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV MI Muhammadiyah Plus Suwaru Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 07:29
Last Modified: 04 Dec 2014 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item