PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V (Studi Multikasus di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung)

Achmad Zainudin, 2845134001 (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V (Studi Multikasus di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
tesis-ahmad-zainudin.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V (Studi Multikasus di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Achmad Zainudin dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag, dan Dr. H. Nur Efendi, M. Ag. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, IPS, Prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dari kegiatan pembelajaran. Dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPS, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, kajian tentang metode pembelajaran dan penerapannya merupakan kebutuhan yang penting untuk dilakukan. Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas yaitu Metode Bermain Peran (Role Playing). Masalah umum penelitian ini adalah penerapan Metode Bermain Peran dalam meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Secara rinci, penelitian ini difokuskan pada 2 hal yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode Bermain Peran pada pembelajaran IPS siswa kelas V di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung ? dan (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPS siswa kelas V di MI Bendiljatiwetan, Sumbergempol dan SDN 2 Kendalbulur, Boyolangu Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan multi kasus. Sesuai dengan pendekatan tersebut, penelitian ini menggunakan dua macam analisis yaitu analisis kasus individu dan analisis antar kasus. Analasis data dilakukan sejak atau bersamaan dengan pengumpulan data. Analisis data yang dilakukan meliputi kegiatan-kegiatan (1) penyusunan paparan data tentang tipologi sekolah pada masing-masing kasus penelitian, (2) menganalisis data dari setiap kasus penelitian yang didasarkan pada hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk masing-masing fokus masalah, (3) menganalisis dan membahas serta mengelompokkan data dari masing-masing kasus, (4) membahas temuan yang ada pada masing-masing situs. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Langkah-langkah penerapan Metode Bermain Peran (a) pemanasan. (b) Memilih pemain. Tokoh-tokoh yang diperankan diantaranya Ir. Soekarno, M. Hatta, Sayuti Melik, Ibu Fatmawati, Pasukan pengibar bendera beserta pelaksana upacara, kaum pemuda, dan wartawan. (c) Menata panggung. (d) Penunjukan pengamat. (e) Permainan dimulai. (f) Diskusi tentang permainan yang sudah berlangsung. (g) Evaluasi. (2) Prestasi belajar siswa meningkat dengan penerapan Metode Bermain Peran dalam pembelajaran IPS yang diterapkan oleh guru kelas dari masing-masing lokasi penelitian. Nilai rata-rata matapelajaran IPS per kelas menunjukkan di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matapelajaran IPS kelas V. Dengan demikian Metode Bermain Peran dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: TESIS 2845134001 Achmad Zainudin
Date Deposited: 15 Mar 2016 06:55
Last Modified: 15 Mar 2016 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item