USTADZ / USTADZAH TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SESUAI ILMU TAJWID PADA SANTRI TPQ TARBIYATUL ATHFAL DI DESA SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR TAHUN 2015

SRI WAHYUNI, 3211113025 (2016) USTADZ / USTADZAH TPQ DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN SESUAI ILMU TAJWID PADA SANTRI TPQ TARBIYATUL ATHFAL DI DESA SUKOSEWU GANDUSARI BLITAR TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Ustadz/ Ustadzah TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Sesuai Ilmu Tajwid pada santri TPQ Tarbiyatul Athfal di Desa Sukosewu Gandusari Blitar Tahun 2015” ini ditulis oleh Sri Wahyuni, NIM. 3211113025, Pembimbing Drs.H.Timbul, M.Pd.I. Penelitian dalam Skripsi ini dilatar belakangi bahwa pendidikan non formal seperti TPQ sangat penting untuk membantu dan menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an dan hal itu harus ditanamkan sejak dini, karena banyak ditemui remaja yang bahkan tidak bisa sama sekali dalam membaca Al-Qur’an, ada juga yang membaca dengan cepatnya tanpa memperhatikan hukum bacaannya. Ini merupakan suatu potret yang perlu diantisipasi oleh para pendidik maupun para orang tua. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran Ustad/Ustadzah TPQ dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran sesuai Ilmu Tajwid pada santri TPQ Tarbiyatul Athfal di Desa Sukosewu Gandusari Blitar Tahun 2015? (2) Apa faktor penghambat dan pendukung peningkatan kualitas membaca Al-Quran sesuai Ilmu Tajwid pada santri TPQ Tarbiyatul Athfal di Desa Sukosewu Gandusari Blitar Tahun 2015? (3) Bagaimana menyelesaikan hambatan dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Quran sesuai Ilmu Tajwid pada santri TPQ Tarbiyatul Athfal di Desa Sukosewu Gandusari Blitar Tahun 2015?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan PeranUstadz/Ustadzah dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an sesuai Ilmu Tajwid, faktor pendukung dan pengahambat serta solusi dalam menyelesaikan hambatannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif, dimana penelitian berusaha memberikan gambaran atau uraian secara sistematis dan aktual mengenai fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi/ pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di TPQ Tarbiyatul Athfal Sukosewu ialah dimulai dengan membaca do’a secara bersama-sama kemudian peran Ustadzah dan ustadz yaitu melaksanakan dua program yaitu program Juz ‘ama kemudian program sorogan. Mempraktikkan metode drill dan demonstrasi sebagai metode yang digunakan dalam belajar Al-Qur’an dengan kaidah Ilmu Tajwid. Evaluasi pembelajaran dengan menggunakan game atau bahkan tulis. Mengikuti kegiatan sekolah lagi untuk para Ustadz/Ustadzah TPQ di kantor NU kecamatan Gandusari. Faktor penghambat antara lain minat belajar yang kurang, kedisiplinan yang kurang, tidak adanya peraturan yang mengikat, arahan dari orang tua yang kurang, kecerdasan yang berbeda-beda, komunikasi yang kurang sehat antara satu Ustadzah dengan yang lain, adapun faktor pendukung ada dua yaitu karena teman sejawat, karena menghafal. Penyelesaikan hambatan yaitu dengan Memberikan motivasi kepada santri yang tergantung pada faktor penyebabnya, menanamkan kedisiplinan, memberikan ketegasan terhadap anak, menumbuhkan komunikasi antar ustadz –ustadzah TPQ, dibentuk kelompok sesuai dengan usianya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113025 SRI WAHYUNI
Date Deposited: 04 Mar 2016 08:06
Last Modified: 04 Mar 2016 08:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item View Item