UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA DI MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2014-2015

MUHAMMAD IHSANUDIN, 3211113133 (2016) UPAYA GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SHALAT SISWA DI MTsN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN 2014-2015. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAb V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Upaya Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Shalat Siswa Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ini ditulis oleh Muhammad Ihsanudin. NIM. 3211113133. Pembimbing Drs. Muh. Kharis, M.Pd, Jurusan pendidikan Agama Islam , Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, program strata Satu IAIN Tulungagung. Kata kunci: Upaya Guru Fiqih, meningkatkan kemampuan Shalat Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa ibadah shalat merupakan komponen penting dalam kehidupan yang tidak dapat disepelekan dari segi pelaksanaanya. Namun, sering terjadi bahwa shalat di laksanakan hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban saja tanpa memper hatikan tata cara yang benar. Hal tersebut dapat terjadi karena faktor kurangnya pemahaman-pemahaman terkait dengan tata cara ibadah shalat. Sedangkan peran guru fiqih sangat berat mengingat pentingnya ibadah shalat bagi seorang muslim. Oleh karena itu, bimbingan terkait dengan ibadah shalat harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Dalam hal ini penulis mendiskripsikan upaya guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan shalat siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana Upaya guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan Shalat Siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung?, (2) faktor – faktor apa yang menjadi kendala guru fiqih dalam upaya meningkatkan kemampuan shalat siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung?, (3) Apa solusi guru fiqih untuk mengatasi kendala dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa di MTsN Tunggangri kalidawir Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan bagaimana Upaya guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan Shalat Siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan faktor – faktor apa yang menjadi kendala guru fiqih dalam upaya meningkatkan kemampuan shalat siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan solusi guru fiqih untuk mengatasi kendala dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa di MTsN Tunggangri kalidawir Tulungagung. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni sumber data berupa people, place dan paper. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, metode observasi dan metode dokumentasi, dengan menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa, (1) Upaya yang dilakukan guru fiqih dalam meningkatkan kemampuan shalat siswa di MTsN Tunggangri kalidawir Tulungagung ini adalah penggunaan metode pengajaran ceramah dalam penyampaian materi tentang teori – teori shalat, di adakanya praktek shalat, sebelum praktek terlebih dahulu guru mendemonstrasikan terkait dengan gerakan – gerakan shalat, membiasakan siswa dalam penerapan dengan di adakanya shalat dhuha dan dhuhur bejamaah, pemberian tugas terkait dengan penerapan shalat dirumah. (2) Kendala – kendala guru fiqih dalam upaya meningkatkan kemampuan shalat pada siswa di MTsN Tunggangri yaitu latar belakang sosial keluarga siswa, kurangnya kesadaran dari siswa akan kewajiban yang di berikan, dan minimnya sarana yang ada, kurangnya guru dalam pendampingan shalat di sekolah. (3) Solusi guru fiqih dalam mengatasi kendala – kendala dalam upaya meningkatkan kemampuan shalat pada siswa di MTsN Tunggangri Kalidawir yaitu selalu melibatkan Peran serta orang tua di rumah, memberikan bimbingan dan pendekatan pada siswa, memperbaiki atau memperluas sarana yang ada dan membuat jadwal pendampingan shalat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ihsanudin Muhammad Muhammad Ihsanudin
Date Deposited: 03 Mar 2016 06:46
Last Modified: 03 Mar 2016 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item