METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN JIWA KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Di TPQ Al-Ikhlash Jabung Talun Blitar)

M. LUBABUL UMAM, 3211093082 (2016) METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN JIWA KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Di TPQ Al-Ikhlash Jabung Talun Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI dll.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh M.Lubabul Umam, NIM. 3211093082, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Metode Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Perkembangan Jiwa Keagamaan Anak (Studi Kasus Di TPQ Al Ikhlash jabung talun Blitar)”, yang di bimbing oleh Dr. Luk-Luk Nur Mufidah M.Pd.I, NIP. 197903192003122002. Kata Kunci: Pembelajaran Al-qur’an, Jiwa Keagamaan Anak, TPQ Salah satu aspek pendidikan Agama yang kurang mendapatkan perhatian adalah pendidikan membaca Al-qur’an. Pada umumnya orang tua lebih menitik beratkan pada pendidikan umum sehingga banyak anak muslim yang belum bisa membaca dan menulis al-qur’an. Berpijak dari problem tersebut, para pengajar al-qur’an harus mencari jalan keluar atau pemacahannya. Salah satunya adalah menggunakan metode-metode yang menarik dan mudah dipahami sehingga anak-anak dan orang tua tertarik untuk belajar dan memasukkan anak-anaknya dilembaga pendidikan al-qur’an. Hal ini juga yang diusahakan oleh TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga hal yaitu bagaimana metode yang diterapkan di TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar, Usaha-usaha yang dilakukan serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan di TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar, mendeskripsikan usaha-usaha dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak di TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan metode analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian yang diuraikan dalam bentuk metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang diperoleh dari penelitian lapangan dideskripsikan dalam bentuk redaksi dan tidak diolah dalam bentuk bilangan statistik. Penggunaan metode tersebut diharapkan dapat mengungkapkan permaslahan yang terjadi sekaligus menjadi tolak ukur dalam penyusunan skripsi ini. Dari hasil analisis tersebut dapat di ketahui bahwa metode pembelajaran Al-Qur'an di TPQ Al Ikhlash Jabung Talun Blitar yang diterapkan adalah metode Qiro'ati yang didukung dengan Iqro', pembiasaan, ketauladanan, latihan, hafalan, dan pemberian tugas, serta bermain, cerita dan menyanyi (BCM). Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari lulusan santri yang mampu membaca dan menulis Al-qur'an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Usaha-usaha yang dilakukan para pembina dalam meningkatkan perkembangan jiwa keagamaan anak melalui pembelajaran Al-Qur'an adalah sebagai berikut: Bagi guru, diantaranya: meningkatkan kualitas guru, rapat dengan para guru, penambahan pendapatan dana. Bagi santri diantaranya: mengikut sertakan santri dalam kegiatan-kegiatan keagamaan, membimbing anak dengan bacaan-bacaan Islami, menanamkan kebiasaan-kebiasaan beribadah, mengadakan kegiatan ekstra, seperti Qiro'ah, kaligrafi, dan PHBI, menanamkan dasar-dasar agama melalui materi-materi sebagai berikut yakni Aqidah, akhlaq, tauhid, tarikh, dan sebagainya, memberikan contoh yang baik bagi santri, penambahan jam pelajaran. Sedangkan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan jiwa keagamaan anak. Faktor pendukung antara lain: adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya kebersamaan antar guru, adanya antusias santri, adanya bahan atau materi penunjang, adanya kegiatan-kegiatan ekstra. Faktor penghambat antara lain: kurang disiplin baik guru maupun santri, kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian wali santri, keterbatasan waktu, keterbatasan media ajar, kurangnya pengetahuan psikologi anak, keterbatasan dana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211093082 M. LUBABUL UMAM
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:19
Last Modified: 01 Feb 2016 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item