Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Multi Kasus di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan

anni faida, 2845134006 (2015) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Multi Kasus di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan. [ Thesis ]

[img] Text
EXECUTIVE SUMARY ANNI FAIDA.pdf

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Multi Kasus di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan)”. Tesis program studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing I). Prof. Dr. H. Mujamil, M.Ag, II). Dr. H. Abd. Aziz, M.PdI. Kata Kunci: Pembelajaran, mata pelajaran Aqidah Akhlak, karakter. Pembelajaran merupakan proses interaksi siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.Dan proses interaksi itu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dimana pembelajaran ini implementasinya pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak terdapat materi yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter siswa. Karakter yang dimaksud adalah religius, semangat kebangsaan, jujur, cinta tanah air, toleransi, menghargai prestasi, disiplin, bersahabat/komunikatif, kerja keras, cinta damai, kreatif, gemar membaca, mandiri, peduli lingkungan, demokratis, peduli sosial, rasa ingin tau, tanggung jawab. Pembelajaran Aqidah Akhlak ini ditekankan pada pendidikan akhlak pada diri siswa. Penanaman karakter dibiasakan dengan dukungan kegiatan dan suritauladan yang mendukung dari lingkungan sekeliling siswa. Sehingga kepribadian siswa akan terbentuk dengan sendirinya. Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dalam pembentukan karakter siswa yang dilaksanakan di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilull Muhtadin Pakisrejo Rejotangan. Secara khusus, masalah penelitian ini ditekankan pada 3 hal, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter siswa di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilull Muhtadin Pakisrejo Rejotangan? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran guru Aqidah Akhlak dalam upaya pembentukan karakter siswa di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilull Muhtadin Pakisrejo Rejotangan? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran guru Aqidah Akhlak sebagai upaya pembentukan karakter siswa di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilull Muhtadin Pakisrejo Rejotangan? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus. Analisis data yang dilakukan ada dua macam, yaitu analisis data kasusindividu(individual case)dananalisis data lintaskasus(cross case analysis). Analisis data lintaskasusdimaksudkansebagai proses membandingkantemuan-temuan yang diperolehdarimasing—masingkasus, sekaligussebagai proses memadukanantarkasus penelitian. Penganalisisan datanya dilakukan sejak atau bersamaan dengan pengumpulan datanya. Penganalisisannya meliputi kegiatan-kegiatan. (1) penyusunan paparan data tentang tipologi sekolah pada masing-masing kasus penelitian; (2) menganalisis data dari setiap kasus ang didasarkan pada hasil wawancara, observasi dan dokumentasi untuk masing-masing fokus masalah; (3) menganalisis dan membahas serta mengelompokkan data masing-masing dari kasus penelitian; (4) membahas temuan yang ada pada masing-masing kasus penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak yang dirancang oleh guru bertujuan agar dalam penyampaian materi mempunyai kesiapan untuk memberikan pengajaran sepenuhnya kepada siswa agar karakter mereka dapat tertanam dengan baik. Dalam penyampaian materi Aqidah Akhlak berpedoman kepada silabus dan RPP 2). Penerapan pembelajaran ditekankan pada pemilihan media yang menarik berupa LCD, cerita bergambar, kartu gambar untuk diskusi, dan metode yang tepat yang disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan oleh guru, semisal: metode eksperimen, metode resitasi, ceramah, dan diskusi. Dalam penerapannya selalu ditekankan pada pendidikan karakter siswa 3). Evaluasi pembelajaran yang dilakukan ini berupa penilaian secara tertulis dan penilaian sikap siswa. Penilaiannya ini dilakukan setiap hari oleh guru. Dan kesemuanya itu diterapkan di MIN Pundensari dan MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: tesis 2845134006 anni faida
Date Deposited: 04 Jan 2016 06:08
Last Modified: 04 Jan 2016 06:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item