PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRSAH TSANAWIYAH SWASTA SE-KAB TULUNGAGUNG

PENDIK HANAFI, 2846134037 (2015) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRSAH TSANAWIYAH SWASTA SE-KAB TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I Tesis.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tesis.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Tesis.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Tesis.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V tesis.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB VI tesis.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tesis dengan Judul “Pengaruh Gaya Belajar dan Mengajar Terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrsah Tsanawiyah Swasta se-Kab Tulungagung” ini ditulis oleh Pendik Hanafi dengan dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri,M.Pd dan Dr. H. Nur Kholis, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Gaya Belajar, Gaya Mengajar, Prestasi Belajar Pendidikan memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengantar peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sementara itu Allah SWT telah menciptakan manusia itu berbeda antara satu dengan yang lainnya, karena sesungguhnya setiap individu memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Keberhasilan dalam pembelajaran kurang lebih dipengaruhi oleh gaya belajar maupun gaya mengajar, yaitu dengan kata lain bahwa kesesuain guru dalam mengajar serta gaya belajar siswa menuntut kemungkinan atas tercapinya tujuan dari pemebelajaran. Sehingga penyesuaian gaya belajar siswa dan gaya mengajar guru bisa mempengaruhi hasil ahir dari pembelajaran. Berangkat dari pengertian diatas maka penelitian ini mengambil judul Pengaruh Gaya Belajar dan Mengajar terhadap Prestasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Swasta se-Kab Tulungagung. Sesuai dengan judul diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang ada di MTs Swasta se-Kab Tulungagung? 2) Adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang ada di MTs Swasta se-Kab Tulungagung? 3)Adakah pengaruh gaya belajar siswa dan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Swasta se-Kab Tulungagung?. Dengan tujuan masalah penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang ada di MTs Swasta se-Kab Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap prestasi belajara siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang ada di MTs Swasta se-Kab Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa dan mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak yang ada di MTs Swasta se-Kab Tulungagung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif yaitu dengan metode angket, Observasi, tes dan dokumentasi sebagai alat mengumpulkan data. Data Gaya Belajar dan Mengajar diperoleh dengan menggunakan metode angket dan data prestasi belajar dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Untuk menganalisa data peneliti menggunakan pogram SPSS (Statiscal Product and Service Solutions). Dari hasil Analisa data yang digunakan SPSS (Statiscal Product and Service Solutions)dengan menggunakan analisa kuantitatif dengan uji t dan F, dengan hasil kesimpulan bahwa 1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Swasta se-Kabupaten Tulungagung dengan hasil thitung > ttabel (7,422 > 1,968), 2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MTs Swasta se-Kabupaten Tulungagung dengan hasil thitung > ttabel (7,768 > 1,968), 3) ada pengaruh Gaya Belajar dan Mengajar secara simultan atau bersamaan-sama terhadap prestasi belajar siswa di MTs Swasta se Kabupaten Tulungagung dengan persentase pengaruh keduanya adalah 77,6%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TESIS 2846134037 PENDIK HANAFI
Date Deposited: 31 Dec 2015 08:09
Last Modified: 31 Dec 2015 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item