UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUR SETYANTY ARIF NOVITA, 3211113021 (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan berjudul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol” ini ditulis olehNur Setyanty Arif Novita, NIM. 3211113021, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Muwahid Sulhan, M. Ag. Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Remaja. Saat ini kenakalan remaja sudah mencapai taraf yang tidak sederhana lagi. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, bahkan sekolah-sekolah yang berlabelkan Agama pun juga kerapterlibat. Hal ini tentunya menjaikan PR tersendiri bagi para guru, orang tua dan semua pihak yang bersangkutan. Tentunya hal ini menuntut para guru untuk melakukan sesuatu dalam menagani masalah ini guna menjadikan para penerus bangsa ini menjadi manusia yang berakhlak lebih mulia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ? (2) Faktor apa saja yang menghambat upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun ? (3) Bagaimana solusi untuk menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung di SMP Negeri 2 Sumbergempol tahun?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui upaya, faktor-faktor penghambat dan hal yang dilakukan guru untuk menghadapi hambatan dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang di pakai adalah studi kasus, oleh karena itukehadiran peneliti dilapangan sanga diperlukan. Lokasi penelitian ini terletakdi SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, adapun data penelitian di dapatkan dari hasil wawancara kepada guru agama Islam, siswa, dan pihak –pihak yang terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai upaya guru agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa mulai dari memberi nasehat, meningkatkan kegiatan keagamaan yang melibatkan siswa-siswa, peningkatan kerjasama dengan wali murid dan menciptakan tata tertib yang lebih ketat, semua itu tidak berjalan dengan mudah. Banyak kendala-kendala yang harus di hadapi, enggannya orang tua siswa atau kurang perhatiannya orang tua siswa dalam menyikapi kenakalan anak-anaknya merupakan kendala yang di rasa sangat besar bagi para guru. Ketika orang tua acuh terhadap masalah anak-anaknya di sekolah, pihak sekolahpun tidak bisa membantu banyak, karena walau bagaimanapun sekolah punya batas-batas tertentu dalam melakukan tindakan yang tidak mungkin di langgar begitu saja. Tetapi pihak guru dan juga sekolah tetap berupaya menjalin kerja sama dengan wali murid menyikapi kenakalan –kenakalan siswa saat ini melalui pertemuan wali murid, konsultasi pribadi dengan wali siswa yang bermasalah dan juga bimbingan pribadi bagi siswa-siswa yang bermasalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113021 NUR SETYANTY ARIF NOVITA
Date Deposited: 28 Dec 2015 06:39
Last Modified: 28 Dec 2015 06:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item