PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2015

SITI ROHMAH YUNIARTI, 3211113024 (2015) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG 2015. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
referensi.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam meningkatkan nilai religious siswa SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung Tahun 2015” ini ditulis oleh Siti Rohmah Yuniarti, NIM. 3211113024, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Guru PAI, Nilai Religius, Sholat Berjamaah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perhatian orang tua terhadap adanya pendidikan keluarga. Sehingga mereka menganggap bahwa pendidikan formal lebih penting dari pada pendidikn lainnya. Ini dikarenakan bahwa kurangnya waktu yang diberikan orang tua terhadap anak-anak mereka. Dengan adanya kemampuan guru untuk mendidik dan juga mampu bertindak dengan nilai-nilai, maka guru juga harus mendidik anak didiknya sesuai dengan ajaran atau nilai agama (Nilai religious). Salah satu bentuk dari nilai religious adalah dengan melakukan sholat berjamaah. Untuk membantu siswa dalam meningkatkan nilai religious, sehingga guru sangat dibutuhkan dalam membantu siswa dalam melaksanakan sholat berjamaah di sekolahnya sebagai langkah untuk membiasakan mereka dalam sholat berjamaah di sekolah maupun di rumah. Dalam hal ini, peneliti memaparkan peran guru dalam meningkatkan nilai religious siswa dalam bentuk sholat berjamaah di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan nilai religius siswa SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam meningkatkan nilai religious siswa SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai educator dalam meningkatkan nilai religious siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai motivator, fasilitator dan educator dalam meningkatkan nilai religious siswa dalam bentuk sholat berjamaah SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi Guru SMP Negeri 2 Sumbergempol sebagai bahan masukan bagi guru PAI, agar selalu meningkatkan perannya sebagai guru, khususnya peran sebagai motivator, fasilitator dan educator. Bagi siswa SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung sebagai bahan renungan bahwasanya sholat berjamaah itu penting dan memiliki banyak nilai religious. Bagi penulis atau pembaca untuk menambah pengalaman dan wawasan baik atau referensi dalam bidang penelitian pendidikan maupun penulisan karya tulis. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif, dimana cara memperoleh data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Dalam mereduksi data, difokuskan pada hal-hal yang pentimg dicari pola dan temanya sehingga tersusun secara sistematis dan lebih mudah dikendalikan. Data display digunakan untuk menyajikan atau menggambarkan dari data yang diperoleh. Sehingga mudah memahami apa yang terjadi dan merencanakan kerja selanjutnya. Verifikasi data yaitu peneliti menarik kesimpulan dari data yang diperoleh yang didukung oleh bukti-bukti yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI sebagai motivator dalam meningkatkan nilai religious dalam bentuk sholat berjamaah ini adalah motivasi dari luar atau ekstrinsik. Peran Guru PAI sebagai fasilitator dalam kegiatan sholat berjamaah adalah guru memfasilitasi dengan cara menjadi imam dan mengupayakan sumber belajar melalui adanya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan ini, sehingga anak-anak merasa nyaman untuk melakukan sholat berjamaah. Sedangkan peran Guru sebagai educator di SMP Negeri 2 Sumbergempol adalah guru menjadi suri tauladan yang baik bagi siswa siswinya melalui pengajaran dan penanaman nilai nilai yang terkandung dalam sholat berjamaah. Di samping itu, guru juga mendidik anak-anak untuk disiplin melalui sholat berjamaah. Dengan cara guru selalu istikomah dan konsisten dalam melakukan sholat serta mengajarkan dan membimbing sholat dengan cara yang baik dan benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113024 SITI ROHMAH YUNIARTI
Date Deposited: 28 Dec 2015 06:38
Last Modified: 28 Dec 2015 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3131

Actions (login required)

View Item View Item