PEMBIASAAN PERILAKU ISLAMI DI SEKOLAH (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek)

[Mahpur, Masruchan], [2846134026] (2015) PEMBIASAAN PERILAKU ISLAMI DI SEKOLAH (Studi Multi Kasus di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek). [ Thesis ]

[img] Text
tesis lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembiasaan Perilaku Islami di Sekolah (Studi Multi Kasus di SMAN 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek)” ini ditulis oleh Masruchan Mahpur dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. dan Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci: Pembiasaan, Perilaku Islami Mengingat pentingnya peranan pendidikan agama Islam, baik dalam maknna formal, yaitu penalaran dan pembentukan sifat pribadi siswa, maupun dalam makna material, yaitu penguasaan, penerapan, dan ketrampilan pendidikan agama Islam, maka sudah seharusnya bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam perlu perhatian secara serius, diantaranya melalui penanaman perilaku Islami, dan pembiasaan perilaku Islami. Pendidikan Agama harus dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan kebutuhan peserta didik. Fokus penelitiannya adalah pembiasaan perilaku Islami di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek. Pertanyaan penelitiannya adalah: 1) Bagaimana strategi pembiasaan perilaku Islami di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek?, 2) Bagaimana Implementasi pembiasaan perilaku Islami di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek?, 3) Bagaimana implikasi pembiasaan perilaku Islami di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek?. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan, mendiskripsikan dan memahami strategi, implementasi, dan implikasi pembiasaan perilaku Islami di SMA Negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan multi kasus, lokasinya di SMA negeri 1 Trenggalek dan SMA Hasan Munahir Trenggalek, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan skunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan diskusi sejawat, triangulasi metode, triangulasi sumber data, triangulasi waktu. Hasil penelitian: 1) Perencanaan pembiasaan perilaku islami mulai dari perumusan visi dan misi Islami, sampai pada penyusunan standar ubudiyah. Dalam rangka membiasakan perilaku islami, guru pendidikan agama Islam membiasakan perilaku religius dan merencanakan kegiatan keagamaan di lembaga pendidikan. Perencanaan kegiatan keagamaan tersebut sebagai salah satu sarana dalam rangka menciptakan suasana religius sebagai pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut, 2) Pembiasaan perilaku Islami mulai dari kegiatan harian, mingguan, bulanan sampai tahunan, dan 3) pembiasaan perilaku Islami dapat membentuk kepribadian muslim pada anak didik di lembaga pendidikan. Pribadi muslim dengan karakter qur’ani dapat terbentuk melalui pembiasaan kegiatan keagamaan yang ada di lembaga pendidikan tersebut.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tesis 2846134026 masruchan mahpur
Date Deposited: 28 Dec 2015 01:26
Last Modified: 28 Dec 2015 01:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3127

Actions (login required)

View Item View Item