Pengaruh Kompetensi Guru Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung, Kabupaten Tulungagung, tahun ajaran 2013/2014

Roisah, Anisau (2014) Pengaruh Kompetensi Guru Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung, Kabupaten Tulungagung, tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Kompetensi Guru Matematika, Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenomena pendidikan di Indonesia, anggapan bahwa guru yang bersertifikasi jauh lebih baik dari pada guru yang belum bersertifikasi, serta anggapan bahwa hasil belajar siswa akan jauh lebih baik jika diajar oleh guru yang sudah bersertifikasi. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh kompetensi guru matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung, Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2013 / 2014. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung, Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2013 / 2014. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian uji beda dengan variabel bebas (X) kompetensi guru matematika (Y) adalah prestasi belajar siswa MTs Miftakhul Huda Bandung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung yang berjumlah 63 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dikenal juga dengan sampling pertimbangan. Sampling pertimbangan ialah teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII A dan VII B dengan jumlah siswa 63 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dokumentasi serta observasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa MTs Miftakhul Huda Bandungyang digunakan sebagai sampel penelitian.Sedangkan wawancara, dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan pembelajaran matematika di sekolah, jumlah guru, karyawan dan siswa, tata letak bangunan sekolah. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Berdasarkan hasil penelitian: Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Miftakhul Huda Bandung, Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2013 / 2014 dengan nilai thitung = 2,38 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 1,99. Saran yang dapat digali dalam penelitian ini adalah (1) Bagi sekolah Sebagai masukan agar lebih meningkatkan profesionalitas sekolah sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan. (2)Bagi guru Supaya guru tidak hanya mengajar materi matematika saja, namun juga ditekankan pentingnya membentuk sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan dalam proses pembelajaran mampu berperan sebagai fasilitator dan motivator terjadinya proses belajar dan siswa sebagai pusat pembelajaran.(3) Bagi siswa Supaya siswa lebih berperan aktif dalam belajar disertai semangat dan motivasi yang tinggi, baik dalam pelajaran matematika maupun pelajaran lainnya, menumbuhkan kesadaran dalam diri siswa bahwa siswa dalam proses pembelajaran sebagai subyek bukan obyek yang harus terus dimasuki berbagai hal dan bersungguh-sungguh dalam belajar, memperhatikan nasehat-nasehat guru dan senantiasa mengamalkan semua yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik yang berhubungan dengan agama, keluarga, masyarakat dan negara.(4) Bagi peneliti untuk menambah pengalaman dan masukan bagi peneliti lain untuk dapat dijadikan penunjang penelitian terhadap masalah yang sesuai dengan topik tersebut. Serta menambah wawasan baik dalam bidang penulisan maupun penelitian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:42
Last Modified: 03 Dec 2014 03:42
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item