UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERSASTRA SISWA KELAS V MI MELALUI PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI (STUDI MULTISITUS DI MI AR ROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG DAN MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG )

Siti Zumrotul Maulida, 2845134042 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERSASTRA SISWA KELAS V MI MELALUI PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI (STUDI MULTISITUS DI MI AR ROSIDIYAH SUMBERAGUNG REJOTANGAN TULUNGAGUNG DAN MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
tesis siap kirim.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Bersastra Siswa Kelas V MI melalui Penerapan Strategi Formeaning Response dalam Pembelajaran Puisi (Studi Multi Situs di MI Ar Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung dan MI Thoriqul Huda Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Zumrotul Maulida dibimbing oleh Dr. H.M. Saifudin Zuhri, M.Ag. dan Dr. M. Jazeri, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Kemampuan Bersastra, Strategi Formeaning Response Ketidakseimbangan porsi antara pembelajaran bahasa dengan pembelajaran sastra mengakibatkan pembelajaran sastra dianggap tidak mendapat “tempat” dalam pembelajaran bahasa. Penyebabnya ada beberapa faktor. Salah satu faktor adalah pengetahuan guru yang masih kurang tentang strategi pembelajaran sastra. Sementara itu, tidak diragukan lagi bahwa pembelajaran sastra dapat memberi kontribusi dalam meningkatkan kompetensi berbahasa siswa. Meningkatkan kemampuan berbahasa dan bersastra siswa sekaligus dalam suatu pembelajaran bukanlah suatu keniscayaan. Upaya meningkatkan kemamapuan berbahasa dan bersastra siswa secara sekaligus dapat dicapai melalui pembelajaran puisi dengan menerapkan strategi formeaning response.Strategi ini memiliki delapan langkah kegiatan yang sistematis melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Penerapan strategi ini menjadi fokus penelitian tesis ini dengan tujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan pembelajaran puisi dengan strategi formeaning response; 2) mengetahui pelaksanaan pemmbelajaran puisi puisi dengan strategi formeanig response; 3) mengetahui penilaian pembelajaran puisi dengan strategi formeanig response. Adapun lokasi penelitian di MI Ar Rosidiyah Sumberagung Rejotangan Tulungagung dan di MI Thoriqul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian penerapan strategi formeaning response ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi situs. Karena penelitian ini berlokasi di situs yang berbeda namun memiliki kesamaan dalam menerapkan strategi pembelajaran puisi di kelas V, penelitian ini bersifat multisitus.Adapun pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan diadakan pengecekan keabsahan data dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pengajaran strategi formeaning response dalam pembelajaran puisi diawali dengan perencanaan melalui workshop, rapat dewan guru, dan diskusi-diskusi; 2) pelaksanaan pengajaran dengan strategi formenaing response dalam pembelajaran puisi melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dengan delapan tahap kegiatan yang terbagi dalam kegiatan pendahuluan, ini dan penutup; 3) sistem penilaian pengajaran dengan strategi formeaning response dalam pembelajaran puisi mengacu pada KKM. Adapun bentuk peningkatan kemampuan berbahasa dan bersastra siswa dalam pembelajaran puisi dengan strategi formeanig response ini dapat dilihat dalam berbagai keterampilan berikut ini. a) Keterampilan mekanis yaitu siswa dapat membedakan arti kata di dalam puisi dan mengelompokkan kata-kata ke dalam jenis kata; b) Keterampilan demonstrasi yaitu kemampuan mengenal kaidah kebahasaan dalam bentuk jenis-jenis kalimat; c) Keterampilan transfer yaitu kemampuan dalam berbahasa lisan (diskusi) dan berbahasa tulis (menulis surat). Sedangkan kemampuan bersastra siswa ditunjukkan dengan kemampuannya menafsirkan isi puisi yang divisualisasikan dalam bermain peran/role play dan menggambar tokoh/suasana di dalam puisi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Dra. 196308172014112003 Siti zumrotul Maulida
Date Deposited: 23 Dec 2015 01:11
Last Modified: 23 Dec 2015 01:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3096

Actions (login required)

View Item View Item