PENGARUH APERSEPSI TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI MTsN TANJUNGTANI NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015

ROIDATUL AFIDA, 3214113145 (2015) PENGARUH APERSEPSI TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT DI MTsN TANJUNGTANI NGANJUK TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
Skripsi Roidatul afida.pdf

Download (993kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Apersepsi Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Segitiga dan Segiempat Kelas VII MTsN Tanjungtani Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Tulungagung: Program Strata 1 Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung ini ditulis oleh Roidatul Afida dan dibimbing oleh Ummu Sholihah S.Si Kata kunci: Apersepsi Tanya jawab, hasil belajar, materi segitiga dan segiempat Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang begitu memahami konsep matematika sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah atau cenderung kurang dari standar yang sudah ditetapkan. Menit-menit pertama dalam proses belajar adalah waktu yang terpenting untuk satu jam pembelajaran selanjutnya. Sehubungan dengan hal tersebut pada apersepsi Tanya jawab yang terdapat pada pendahuluan proses kegiatan belajar mengajar merupakan salah satu alternatif guru dalam mengatasi siswa-siswanya yang kurang memahami konsep matematika. Dengan Tanya jawab yang dilakukan diharapkan dapat ditumbuhkan dan dikembangkan kemampuan siswa dalam mengamati, menginterpretasi, mengklarifikasi, membuat kesimpulan, menerapkan dan mengomunikasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan materi, selain itu juga sebagai alat untuk mengingatkan kembali konsep yang lalu kemudian dikaitkan dengan yang akan dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh Apersepsi Tanya jawab terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi segitiga dan segiempat di MTsN Tanjungtani Nganjuk tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, sedangkan pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Segitiga dan segiempat kelas VII MTsN Tanjungtani Nganjuk tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan metode observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan guru dan siswa serta MTsN Tanjungtani Nganjuk sendiri. Berdasarkan analisi data menggunakan perhitungan t-test diperoleh thitung = 2,043 > ttabel = 2,010 pada taraf signifikasi 5%. Artinya Ha pada penelitian ini diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan apersepsi Tanya jawab terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN Tanjungtani.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113145 ROIDATUL AFIDA
Date Deposited: 18 Dec 2015 06:31
Last Modified: 18 Dec 2015 06:31
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3057

Actions (login required)

View Item View Item