PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI

RIZQI NUR IKA WARDANI, 3214113144 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII DI MTs SULTAN AGUNG JABALSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Rizqi Nur Ika Wardani, 3214113144, 2015. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Jabalsari” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dam Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing : Dr. H. Akhyak. M.Ag. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar. Kurang maksimalnya proses pembelajaran konvensional di sekolah menyebabkan siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam berpikir kreatif untuk menghasilkan ide baru dan hasil belajar siswa menjadi kurang baik.Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat siswa dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Melalui model pembelajaran ini siswa dapat mengemukakan pendapat, bertukar pikiran dan bekerja sama dengan siswa lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir keatif matematika kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan 1desain quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas.Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol.Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.Sampel yang digunakan, yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol.Sampel berjumlah 46 siswa.Teknik pengumpulan data (1) Observasi (2) Dokumentasi (3) Tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari, bahwa hasil analisis data dengan menggunakan rumus t-testberbantu program SPSS 16.0 didapatkan t_hitung= 3,025 >t_tabel= 2,079. Demikian juga dengan hasil belajar, ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika kelas VII di MTs Sultan Agung Jabalsari. Terbukti bahwa t_hitung= 2,913 >t_tabel= 2,079.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113144 RIZQI NUR IKA WARDANI
Date Deposited: 18 Dec 2015 03:17
Last Modified: 18 Dec 2015 03:17
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item