PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK

NUR JANNATUN NAFIS, 3217113081 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III MI SENDEN KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris”. Ditulis oleh Nur Jannatun Nafis NIM: 3217113081, dibimbing oleh Dr. Susanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match, Prestasi Belajar, Bahasa Inggris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah, siswa lemah dalam kosakata (vocubulary) beserta terjemahannya. Padahal mata pelajaran Bahasa Inggris banyak berorientasi pada kosakata. Sehingga siswa merasa kurang tertarik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, akibatnya mereka malas dan enggan untuk mempelajarinya. Secara tidak langsung hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa, kondisi tersebut disebabkan oleh: 1) Sebagian siswa beranggapan bahwa mata pelajaran Bahasa Inggris itu sulit karena banyak berorientasi pada kosakata; 2) Tidak adanya variasi dalam pembelajaran di kelas agar pelajaran berjalan dengan aktif, menarik dan menyenangkan. Dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match diharapkan dapat menjadikan kegiatan pembelajaran berjalan lebih baik dan optimal. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Animal siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Senden Kampak Trenggalek?; 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris pokok bahasan Animal siswa kelas III MI Senden Kampak Trenggalek dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Animal pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Senden Kampak Trenggalek; 2) Untuk menjelaskan peningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Animal siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Senden Kampak Trenggalek melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Sedangkan observasi, catatan lapangan, dan wawancara digunakan untuk mengamati respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran make a match , keadaan siswa maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model pembelajaran make a match mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Animal dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran; guru menjelaskan materi secara garis besar, melakukan tanya jawab, setelah selesai guru membagikan kartu-kartu (make a match ), kepada masing-masing siswa, kemudian siswa diminta untuk mencari pasangan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban, setelah siswa berhasil menemukan pasangan kartunya, siswa diminta bergabung dengan pasangannya lalu membacakan kartu di depan kelas, kemudian menempelkan kartu soal dan kartu jawaban tersebut di papan tulis, guru mengevaluasi jawaban siswa dan memberikan kesimpulan. Hasil pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan. pada tes awal (pre test) mencapai nilai rata-rata 41,92 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 15,38%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 74,07% dengan nilai rata-rata 78,70, ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan kembali setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 81,48% dengan nilai rata-rata 91,29. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan melalui pembelajaran Bahasa Inggris dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran selain itu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, karena siswa bisa bermain sambil belajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Senden Kampak Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113081 NUR JANNATUN NAFIS
Date Deposited: 30 May 2016 03:17
Last Modified: 30 May 2016 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item