PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII DI SMPN 2 NGUNUT TAHUN AJARAN 2014/2015

ahmad badrus, 3214113039 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VII DI SMPN 2 NGUNUT TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
daftas pustaka.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pokok Bangun Datar Segi Empat Siswa Kelas VII Di SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Ahmad Badrus Avandi, NIM. 3214113039, Pembimbing Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata kunci: Model pembelajaran, Osborn, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana pembelajaran matematika masih dengan metode konvensional serta dari informasi yang didapat dilapangan sebelumnya hasil belajar serta pemahaman siswa terhadap matematika terbilang masih cukup. Selain itu siswa di lokasi tersebut masih sangat berpotensi dalam meningkatkan hasil belajar matematika sehingga memiliki hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, guna mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan, diperlukan model pembelajaran yang proses pembelajarannya memperhatikan konteks dan diharapkan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mengkonstruksi kembali pengetahuannya dengan strategi sendiri. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran osborn terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di SMPN 2 Ngunut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran osborn terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Mengetahui berapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran osborn terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 2 Ngunut. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol dan VII E orang sebagai kelas eksperimen di SMPN 2 Ngunut tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Soal tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 2 Ngunut. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah. 1) Uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh (taraf 5%) sehingga ditolak, jadi ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran osborn terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar segi empat siswa kelas VII di SMPN 2 Ngunut Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Besarnya pengaruh diperoleh d = berdasarkan pada tabel interpretasi nilai Cohen’s maka Presentase . Bedasarkan hasil penelitian maka penerapan model pembelajaran osborn berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Ngunut yaitu sebesar .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ahmad badrus avandi
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:27
Last Modified: 17 Dec 2015 04:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item