KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung

Nurul Hidayati, 2841134018 (2015) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I, BU NURUL.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II, BU NURUL revisi 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER CS.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III, BU NURUL.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BIODATA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB IV BU NURUL.pdf

Download (41MB)

Abstract

Nurul Hidayati 2015. Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Multi Situs di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M.Ag dan 2) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: kepemimpinan, kepala madrasah, profesionalisme guru Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh peningkatan profesionalisme guru dianggap pilihan paling tepat untuk mempersiapkan para guru dalam upaya menjawab tantangan zaman. Karena dengan profesionalisme dapat membuat para personil madrasah menjadi berkekuatan dalam profesi yang diembannya. Sebagai seorang kepala madrasah banyak langkah strategis yang dapat dilakukan guna meningkatkan profesionalisme guru sebagai bawahannya. Di dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya, bagi guru di madrasah akan sangat membutuhkan adanya dorongan semangat dan motivasi dari pimpinan mereka, sebab hal ini merupakan modal yang sangat penting sehingga hampir setiap tindakan dan kebijakan yang diambil/dilakukan oleh seorang pemimpin mempunyai dampak yang positif dan negatif bagi bawahan yang dipimpinnya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti fokus penelitian ini adalah: pendekatan, motivasi dan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Rumusan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Bagaimana pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Pendekatan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah 1) pendekatan kepemimpinan kepala madrasah dalam profesionalisme guru termasuk ke dalam pendekatan personal dan instansi, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala madrasah dalam pendekatan melakukan pendekatan personal dan instansi dan selalu mengedepankan kerjasama dengan para bawahan untuk mencapai tujuan bersama. Ia selalu memupuk rasa kekeluargaan dan persatuan, dan senantiasa berusaha membangun semangat dan mendorong bawahannya dalam mengerjakan tugas dan agar terus mengembangkan potensi akademisnya. b) Kepala madrasah ketika melaksanakan kepemimpinannya selalu melihat keadaan dan kemampuan para bawahannya. 2) Pada MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol pendekatan kepemimpinan kepala madrasah adalah pendekatan situasional, hal ini dapat dilihat dari beberapa karakteristik kepemimpinannya yaitu: a) Kepala MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung dalam menentukan tipe kepemimpinan berdasarkan dengan melihat situasi dan kondisi yang dihadapi oleh kepala sekolah, b),Kepala Madrasah mengedapankan kerjasama dan memupuk optimalisasi potensi dan pengembangan akademik, c)melihat keadaan dan kemampuan yang dimiki dala pemberian tugas 2) Motivasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagungmelalui: a) pengaturan lingkungan yang kondusif akan menumbuhkan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya. b) pengaturan suasana kerja yang tenang dan menyenangkan juga akan membangkitkan profesionalismeguru. c) kepala madrasah menanamkan disiplin kepada semua bawahannya. Melalui disiplin ini diharapkan dapat tercapai tujuan secara efektif dan efesien, serta dapat meningkatkan produktifitas sekolah. 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN Tunggangri Kalidawir dan MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung adalah a) kepala sekolah memberikan kesempatan pada guru untuk meningkatkan profesinya melalui penataran, diklat, seminar dan lokakarya, b) kepala sekolah memberikan dorongan dan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi, c) kepala sekolah memperhatikan rencana kebutuhan akan guru secara jelas, d) kepala sekolah memberikan motivasi guru untuk meningkatkan produktifitas kerjanya, e) memperhatikan kesejahteraan guru, f) melaksanakan kerjasama dengan guru dan perusahaan atau lembaga lain dalam pelaksanaan program sekolah, g) Memberikan pembinaan melalui supervise kaitannya dengan administrasi pembelajaran dan Kegiatan Belajar Mengajar, h) Mengoptimalkan kegiatan MGMP baik yang di dalam sekolah maupun yang di luar sekolah, i) Kepala sekolah menganjurkan persiapan sertifikasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: mohamad 28411340015 Mohamad Juliantoro
Date Deposited: 21 Dec 2015 07:33
Last Modified: 21 Dec 2015 07:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item