PENERAPAN METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2014/2015

ENDRA MUSTAKIM, 3211113066 (2015) PENERAPAN METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
cover luar dalam.pdf

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 bahasa.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Endra Mustakim, NIM: 3211113066. Skripsi dengan judul“Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015” Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah proses pembelajaran tidak ada suatu metode yang dianggap paling baik di antara metode-metode yang lain. Seperti mata pelajaran fiqih yang sedikit banyak terdapat materi-materi yang bersifat hukum dalam Islam, sehingga merupakan materi yang sangat penting untuk menjadi pegangan bagi siswa di masa mendatang dalam kehidupan sehari-harinya. Untuk itu dibutuhkan metode yang cocok dengan pembelajaran fiqih di kelas, metode yang dirasa tepat digunakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Tulungagung dalam pelajaran fiqih adalah metode demonstrasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana persiapan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015? Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulunggagung sebagai rujukan untuk mengembangkan proses pembelajaran fiqih khususnya metode pembelajaran, untuk diterapkan di seluruh kelas, bagi para guru Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulunggagung, Sebagai rujukan pendidik dalam mengelola pembelajaran fiqih dengan model dan metode pembelajaran yang lebih tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tulungagung dengan metode demonstrasi diharapkan siswa memiliki minat dan partisipasi yang tinggi sehingga proses pembelajaran Fiqih dapat berjalan dengan baik, bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi penelitian lebih lanjut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara mendalam, observasi partisipan (partisipatori) dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yang meliputi: analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, confirm ability, transferability, dan dependability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bagaimana persiapan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih adalah dengan memperhatikan materi yang akan diajarkan lalu waktu yang digunakan dalam penggunaan metode demonstrasi dan konsep yang sudah matang untuk menggunakan metode demonstrasi dalam proses belajar mengajar di pelajaran fiqih. (2) bagaimana penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih adalah guru memulai proses pembelajaran mengucapkan salam terlebih dahulu lalu mereview pembelajaran yang sebelumnya untuk mengingat apa yang dipelajari minggu kemarin, guru menjelaskan tentang materi sholat tarawih secara jelas agar dimengerti oleh siswa, lalu guru menunjuk murid untuk mempraktekkan sholat tarawih di depan teman-teman sekelasnya, setelah demonstrasi sholat tarawih itu selesai guru menyimpulkan apa yang terjadi dalam proses demonstrasi tadi. (3) faktor pendukung dalam penerapan metode demonstrasi yaitu siswa akan lebih terfokus pada materi yang diberikan dengan menggunakan metode demonstrasi. (4) faktor penghambat dalam penerapan metode demonstrasi yaitu siswa menjadi sedikit malu saat disuruh ke depan untuk mendemonstrasikan suatu materi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113066 ENDRA MUSTAKIM
Date Deposited: 16 Dec 2015 06:49
Last Modified: 16 Dec 2015 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3006

Actions (login required)

View Item View Item