PENGARUH MENGIKUTI GERAKAN PRAMUKA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs. AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

WANDA SETIYAWAN, 3214113170 (2015) PENGARUH MENGIKUTI GERAKAN PRAMUKA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs. AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER_BESAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR ISI wanda.pdf

Download (50kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN wanda.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN wanda.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indo,ing, arab.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
wanda_BAB I.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
wanda_BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
wanda_BAB III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
wanda_BAB IV.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
wanda_BAB V revisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BIOGRAFI PENULIS wanda.pdf

Download (409kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh mengikuti Gerakan Pramuka dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs. Al-Huda Bandung”, ini ditulis oleh Wanda Setiyawan, NIM. 3214113170, Pembimbing Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. Kata kunci : Gerakan Pramuka, Disiplin Belajar, Prestasi belajar matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa gerakan pramuka dan disiplin belajar dapat mempengarui tingkah laku dan proses belajar siswa. Khususnya pada pelajaran matematika, yang terdiri dari kumpulan konsep-konsep, mulai dari yang mendasar hingga ke konsep yang lebih tinggi. Dalam mempelaji matematika harus berurutan dan berkesinambungan, karena matematika merupakan satu kesatuan yang antara konsep yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Maka dari itu untuk mempelajari matematika diperlukan sikap yang pantang menyerah dan disiplin belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Baaagaimana gerakan pramuka kelas VIII di MTs. Al-Huda Bandung, (2) pengaruh gerakan pramuka terhadap prestasi belajar matematika, (3) pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajr matematika, (4) ) pengaruh gerakan pramuka dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Al-Huda Bandung tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 219 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang mengikuti gerakan pramuka dan disiplin belajar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan sebagai dokumen dan bukti bahwa telah melakukan penelitian di MTs. Al-Huda Bandung. Teknik analisia data yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, linieritas, dan asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa secara individual dan secara bersama-sama gerakan pramuka dan disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi dari masing-masing bebas bernilai positif, seperti yang terlihat pada persamaan regresi linear ganda sebagai berikut: Y Y=44,53705+0,132088457X_1+0,281361646X2, artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh mengikuti gerakan pramuka dan disiplin belajar. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) gerakan pramuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,029>2,048 (2) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 9,918 >2,048 . (3) mengikuti gerakan pramuka dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika mata pelajaran matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 64,94547> 3,35. (4) Variabel mengikuti gerakan pramuka dan disiplin belajar memberikan sumbangan efektif adalah sebesar 82%, sedangkan 18% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 3214113170 WANDA SETIYAWAN
Date Deposited: 17 Dec 2015 04:00
Last Modified: 17 Dec 2015 04:00
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item