PELAKSANAAN METODE TASMI’ DAN MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

YULAIKAH, 3211113175 (2015) PELAKSANAAN METODE TASMI’ DAN MURAJA’AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SD ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
AWAL (2).pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pelaksanaan Metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam Menghafal Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung ” ini ditulis oleh Yulaikah. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dibimbing oleh Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si Kata kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Tasmi’ dan Muraja’ah. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya lembaga maupun yayasan yang sangat memperhatikan bagi para hufadz. Termasuk yang ada di SD Islam Al-Azhaar, yang semula hanya sebagi kegiatan ekstra, sekarang menjadi program khusus tahfidz yang peminatnya cukup banyak. Sebagai pendukung terlasananya program tahfidz ini, guru benar-benar memperhatikan kebutuhan anak-anak. Terutama dalam hal pembelajaran, guru memberikan metode yang sesuai dengan kemampuan anak. Agar mereka tidak merasa bosan ketika menghafakan Al-Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode Tasmi’ dan Muraja’ah, keduanya efektif digunakan bagi para penghafal Al-Qur’an. Metode Tasmi’ (Semaan) untuk memperbaiki hafalan karena disemak temannya sehingga mengetahui kesalahannya. Sedangkan metode muraja’ah untuk memperlancar hafalan dan mempertajam hafalan baik yang lama maupun hafalan yang baru. Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an siswa SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an siswa SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an siswa SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. 4) Untuk mengetahui solusi mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Ustadz/Ustadzah sebagai masukan untuk menemukan pendekatan pengajaran yang lebih baik bagi calon hafidzah sehingga hafalan Al-Qur’an akan semakin efektif, bagi para anak tahfidz untuk mengetahui cara menerapkan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Quran,bagi orang tua untuk mengetahui cara mendidik anak yang menghafalkan Al-Qur’an,bagi peneliti menambah pengetahuan baru, pemahaman mengenai pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an dan mengetahui adanya perbedaan pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah pada lembaga formal (SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) dan lembaga nonformal (pondok). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik credibility, yang meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi dan review informan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Metode Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an di SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung,yaitu menerapkan metode Tasmi’ dan Muraja’ah. Metode Tasmi’ adalah suatu majelis yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang didalamnya diisi dengan membaca dan menyima’ terhadap bacaannya. Sema’an Al-Qur’an dapat dilakukan kapan saja. Sebaiknya mencari teman sema’an yang bisa diajak secara bergantian. Sema’an dapat dilakukan sebelum menyetorkan hafalan kepada seorang guru atau sesudah menyetorkannya. Muraja’ah yaitu mengulang hafalan yang sudah diperdengarkan kepada guru atau kyai. Hafalan yang sudah diperdengarkan kehadapan guru atau kyai yang semula sudah dihafal dengan baik dan lancar, kadangkala masih terjadi kelupaan lagi bahkan kadang-kadang menjadi hilang sama sekali. Oleh karena itu perlu diadakan Muraja’ah atau mengulang kembali hafalan yang telah diperdengarkan kehadapan guru atau kyai. 2) Pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an siswa SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung. Metode Tasmi’ (Semaan), dilakukan dengan cara menunjuk ayat yang dibaca, berhadapan dengan temannya, saling menyemak bacaan teman, dan setoran. Metode Muraja’ah melalui 2 cara:Muraja’ah dengan melihat mushaf (bin nazhar), dilakukan dengan cara membaca ayat baru secara berulang-ulang. Agar dapat diperoleh hafalan baru yang berkualitas dan tentunya tahan lama. Dan Muraja’ah dengan tanpa melihat mushaf (bil ghaib), dilakukan dengan cara mengulang dari ayat sebelumnya, melakukan sambung ayat dan hafalan dalam hati. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an. Faktor pendukung : mempunyai target hafalan, adanya motivasi dari orang tua dan guru, berdoa agar sukses menghafalkan Al-Qur’an dan adanya buku prestasi. Faktor penghambat : Ayat-ayat yang panjang, kurang lancar dalam melafalkan ayat,dan terdapat ayat mutasyabihat. 4) Solusi dari hambatan-hambatan dalam pelaksanaan metode Tasmi’ dan Muraja’ah dalam menghafal Al-Qur’an, Adanya pembinaan guru, menggunakan mushaf yang sama, pembiasaan shalat Dhuha, dan adanya pondok yang dipersiapkan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113175 YULAIKAH
Date Deposited: 15 Dec 2015 01:20
Last Modified: 15 Dec 2015 01:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item