DIAGNOSIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII-E UPTD SMPN 2 SUMBERGEMPOL

AULIA, IVA (2015) DIAGNOSIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII-E UPTD SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aulia, Iva. NIM. 3214113089. 2015. Diagnosis Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Faktor dan Kelipatan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII-E UPTD SMPN 2 Sumbergempol. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Diagnosis kesulitan, Soal Cerita, Faktor dan Kelipatan Bilangan Bulat Pembelajaran matematika di sekolah tidak bisa lepas dari sifat-sifat matematika yang abstrak. Oleh karena itu banyak siswa yang tidak suka matematika sehingga menyebabkan siswa tidak mau dan enggan dalam mempelajari matematika. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. Kesulitan ini terutama terjadi ketika siswa menyelesaikan soal matematika yang berbentuk cerita. Berdasarkan hal tersebut penelitian berjudul diagnosis kesulitan siswa kelas VII-E pada materi faktor dan kelipatan bilangan bulat ini dilaksanakan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk kesulitan yang dialami siswa kelas VII-E di UPTD SMPN 2 Sumbergempol dalam menyelesaikan soal cerita materi faktor dan kelipatan bilangan bulat?; (2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII-E di UPTD SMPN 2 Sumbergempol sulit dalam menyelesaikan soal cerita materi faktor dan kelipatan bilangan bulat? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil lokasi di UPTD SMPN 2 Sumbergempol. Teknik yang digunakan adalah tes diagnostik, wawancara, dan observasi. Tes diagnostik digunakan untuk mengetahui letak kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi faktor dan kelipatan bilangan bulat. Wawancara digunakan untuk menggali data dari objek penelitian secara langsung. Observasi digunakan untuk mengamati objek secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VII-E UPTD SMPN 2 Sumbergempol dalam menyelesaikan soal cerita materi faktor dan kelipatan bilangan bulat, yaitu (a) kesulitan penguasaan prinsip, kesulitan ini berada dikategori tinggi yaitu 18,93%; (b) kesulitan memahami soal cerita, kesulitan ini berada dikategori sedang yaitu 7,57%; (c) kesulitan penguasaan konsep, kesulitan ini berada dikategori sedang yaitu 6,81%; (d) kesulitan komputasi, kesulitan ini berada dikategori rendah yaitu 4,54%; (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII-E UPTD SMPN 2 Sumbergempol sulit dalam menyelesaikan soal cerita materi faktor dan kelipatan bilangan bulat berasal dari: a) faktor intern, yaitu (1) siswa kurang mampu mengubah permasalahan yang berbentuk cerita ke dalam permasalahan matematis; (2) siswa kurang mampu memahami jalan cerita pada soal yang berbentuk cerita terutama soal cerita yang menggunakan konsep KPK; (3) siswa belum paham dengan konsep FPB dan KPK; (4) siswa kurang memahami ketentuan yang digunakan untuk menentukan FPB dan KPK; (5) siswa tidak berani bertanya kepada guru jika belum paham; (6) siswa kurang menyukai pelajaran matematika; (7) siswa tidak teliti dalam mengerjakan soal; (8) siswa tidak rajin belajar; (9) siswa belajar sendirian tanpa didampingi oleh orang yang lebih mengerti; (10) siswa tidak meneliti hasil jawabannya sebelum dikumpulkan; b) faktor ekstern, yaitu (1) suasana kelas gaduh saat pembelajaran berlangsung, (2) kurangnya perhatian dan motivasi dari orangtua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: IVA AULIA
Date Deposited: 11 Dec 2015 03:47
Last Modified: 11 Dec 2015 03:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item