STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG AJARAN 2014-2015

ZAHROQ, DEWI FATIMATUZ (2015) STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG AJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Program Pengembangan Diri Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Huda Bandung Tulungagung Ajaran 2014-2015” ini ditulis oleh Dewi Fatimatuz Zahroq, NIM.3211113054, pembimbing Dr. Aguz Zainul Fitri, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi tentang kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an , dalam hal ini peneliti menghubungkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan meningkatkan melalui program pengembangan diri di Madrasah Tsanawiyah Al Huda Bandung Tulungagung. Rumusan masalah dalam penukisan skripsi iniadalah (1) Bagaimana upaya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ajaran 2014-2015? (2) Bagaimana metode yang digunakan sekolah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung ajaran 2014-2015? (3) Bagaimana dampak dari strategi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui pengembangan diri siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung Ajaran 2014-2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan dimadrasah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Skripsi ini dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran terhadap dunia pendidikan, lebih khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an seseorang. Dalam penelitian ini digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dan observasi digunakan untuk menggali inforamasi tentang strategi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Huda Bandung Tulungagung, dan dokumentasi untuk menggali data, tentang saran prasana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yaitu dengan program pengembangan diri yang dilaksanakan pada hari sabtu pada jam ke 3 sampai jam ke 4 yang wajib diikuti oleh semua siswa madrasah Al Huda Bandung Tulungagung. Dan metode yang digunakan madrasah yaitu metode tartil yang menekankan pada fasih dalam pelafalan makharijul huruf, dan benar secara tajwid Al-Qur’an. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang sebelumnya belum bisa membaca maka menjadi bisa, dan siswa dapat mengikuti program pengembangan diri yang lain seperti seni hadrah, seni kaligrafi, dan seni qiro’ah, dll.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEWI DEWI FATIMATUZ ZAHROQ
Date Deposited: 11 Dec 2015 03:49
Last Modified: 11 Dec 2015 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item