Manajemen Pembelajaran dengan Metode Usmani dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa ( studi multi situs di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar)

anwar, khoirul (2015) Manajemen Pembelajaran dengan Metode Usmani dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa ( studi multi situs di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar). [ Thesis ]

[img] Text
cover.docx

Download (89kB)
[img] Text
halaman pendahuluan.docx

Download (85kB)
[img] Text
bab 1.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (105kB)
[img] Text
bab 3.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (8MB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB 6.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Manajemen Pembelajaran dengan Metode Usmani dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an siswa ( studi multi situs di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar)” ini ditulis oleh Khoirul Anwar dengan dibimbing oleh Dr. Maftukhin, M.Ag dan Dr. H. Teguh, M.Ag. Kata kunci : Pembelajaran, Membaca al-Qur’an, Metode Usmani. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh sebuah upaya lembaga madrasah dalam hal ini Madrasah Ibtida’iyah untuk memberikan materi tambahan dalam membaca al- Qur’an bagi siswa. Belajar membaca al-Qur’an merupakan hal yang teramat penting bagi siswa sebagai modal untuk mendalami agama selanjutnya. Di kota Blitar, pemerintah melalui Peraturan walikota mewajibkan seluruh siswa di kota Blitar untuk mampu membaca al-Qur’an sebagai prasyarat untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya. Metode usmani sebagai salah satu metode pembelajaran membaca al-Qur’an menjadi pilihan metode pembelajaran membaca al-Qur’an bagi siswa di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar karena tanpa menggunakan metode yang tepat maka hasil pembelajaran kurang maksimal. Yang menjadi fokus Penelitian dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar ?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar?; dan (3) Bagaimana Evaluasi pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar? Tujuan penelitian tesis ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar ; (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar ; dan (3) Untuk mendiskripsikan Evaluasi pembelajaran membaca al- Qur’an metode Usmani di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang mengambil lokasi di MI Pesantren dan MI Darussalam Kota Blitar dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan observasi partisipan , wawancara mendalam, dan dokumntasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini , maka dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan menggunakan sumer , teori dan metode. Kemudian data dianalisa dengan menggunakan analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan hasil kesimpulan. Tesis ini bermanfaat bagi penulis sendiri yaitu akan memperkaya khazanah keilmuan berkaitan dengan pembelajaran membaca al Qur’an. Selain itu penulisan tesis ini juga bermanfaat untuk Kepala Madrasah, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mempertahankan dan meningkatkan kemampuan pembelajaran al-Qur’an di masa yang akan datang. Bagi Guru , secara khusus dapat menjadi masukan di dalam mengembangkan beragai model pembelajaran Usmani. Bagi Koordinator Pusat Usmani dapat digunakan sebagai upaya perbaikan dan pengembangan model pembelajaran membaca al-Qur’an yang relevan dan berkelanjutan. Bagi peneliti lainnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya terutama penelitian tentang pembelajaran membaca al-Qur’an metode usmani dalam upaya peningkatan kualitas bacaan siswa sehingga dapat memperkaya khazanah keilmuan dalam pembelajaran membaca al-Qur’an . Bagi pembaca, dapat dijadikan gambaran tentang bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an metode usmani dalam peningkatkan kemampuan bacaan siswa di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar. Dari hasil penelitian ini , penulis menyimpulkan bahwa : (1) Perencanaan pembelajaran membaca al-Qur’an metode usmani di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar di buat sebagai acuan pembelajaran 1 juz .(2) Pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an metode usmani di MI Pesantren Kota Blitar dan MI Darussalam Kota Blitar terdapat persamaan maupun perbedaan. Perbedaan yang mencolok dari pelalsanaan pembelajaran yaitu terletak pada pemilihan teknik/strategi dalam mengajar. (3) Evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan di MI Pesantren adalah placement test/evaluasi penempatan, evaluasi harian dan ujian kenaikan juz, sedangkan di MI Darussalam tes yang telah dilakukan adalah placement test/evaluasi penempatan, ujian kenaikan juz dan TAS/Tashih akhir Santri ABSTRACT Thesis with the title "Learning Management with Usmani Method to Improve the Ability of the Students in Reading the Qur’an (A multi-site study at MI Pesantren Blitar and MI Darussalam Blitar)" was written by Khoirul Anwar guided by Dr. Maftukhin, M.Ag and Dr. H. Teguh, M.Ag. Keywords: Learning, Reading Qur’an, Usmani method. The study in this thesis is motivated by an effort done by madrasah (Islamic educational institution), in this regard is Madrasah Ibtida'iyah (Islamic primary school), to provide additional material to read the Qur'an for students. Learn to read the Qur'an is extremely important for students as a foundation for further religion learning. In Blitar region, the government through the mayor regulation requires all students in the city of Blitar to be able to read the Qur’an as a prerequisite for continuing further education. Usmani method as one method of learning to read the Qur’an became the preferred method of the students at MI Pesantren Blitar and MI Darussalam Blitar because this method is appropriate method for better learning result. The focus of the research were: (1) How is the learning plan to read the Qur'an by Usmani methods in MI Pesantren and MI Darussalam Blitar?; (2) How is the implementation of learning to read the Qur'an by Usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar?; and (3) How is the evaluation of the learning Qur'an by Usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar? The purpose of this research were: (1) To describe the learning plan to read the Qur'an by Usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar; (2) To describe the implementation of learning to read the Qur'an by Usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar; and (3) To describe the evaluation of learning to read the Qur'an by Usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar. This study used a qualitative approach with field research type that took place at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar by using multi-site study design. Data collection was done by conducting observation and participant observation, in-depth interviews, and documentation. To avoid errors during the study, the researcher tested the validity of the data by using triangulation of research sources, theories and methods. Then the data were analyzed using data analysis including: data reduction, data presentation and conclusion. The result of the study is beneficial to the writer himself that will enrich the knowledge related to the learning of the reading Qur’an. In addition, the result of the study is also beneficial for principals; can be considered in maintaining and improving the learning of the Qur’an in the future. For Teachers; can be the model or input for developing the learning of Qur’an by Usmani model.For the Center Coordinator of the Usmani Model; can be used as a basis for further improvement. For other researchers; the results of this study can be used as a reference to carry out further researches, especially those in relation with learning to read the Qur’an by usmani method in an effort to improve the quality of students’ reading Qur’an that it can enrich the knowledge in learning to read the Qur’an. For the readers, can be used as an overview of how learning to read the Qur’an by usmani method to enhance the reading ability of students at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar. From these results, the researcher concluded that: (1) Learning plan to read the Qur’an by usmani method at MI Pesantren and MI Darussalam Blitar as a reference for learning in one juz. (2) There were similarities and differences of the implementation of learning to read al-Qur ' an by usmani method between MI Pesantren and MI Darussalam Blitar. A striking difference of learning between these two schools lies in the selection of techniques / strategies in teaching. (3) Evaluation of learning that have been implemented in MI Pesantren is a placement test, the daily evaluation and juz examination, whereas in MI Darussalam, the learning evaluations that were carried out were placement test, chapters promotion test and TAS (tashih) for the pupils of the last grade.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I Khoirul Anwar
Date Deposited: 23 Dec 2015 04:36
Last Modified: 23 Dec 2015 04:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item