PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

AHMAD MURTADLO, 3217113003 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Skripsi Ahmad Murtadlo bagian awal.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Ahmad Murtadlo bab 1 - 5 dan daftar rujukan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Ahmad Murtadlo, NIM. 3217113003, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu DR.Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Model Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran PKn di sekolah yang masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dan hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar PKn, sehingga motivasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran PKn di kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar PKn pada siswa kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT)? (3) Bagaimana proses peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT)? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada mata pelajaran PKn siswa di kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar PKn pada siswa kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). (3) Untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, angket, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperati tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum diberikan tindakan yaitu 1,75 (positif) ke akhir tindakan siklus II yaitu mencapai 1,83 (sangat positif). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,08. Dan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74,50 (62,50%) yang berada pada kriteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 85,95 (91,67%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 11,45. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn kelas III di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: . ahmad murtadlo
Date Deposited: 11 Dec 2015 06:12
Last Modified: 11 Dec 2015 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2863

Actions (login required)

View Item View Item