Konsep Naskh Perspektif Ibnu Juzayy (Telaah ayat-ayat toleransi Agama dalam al-Tashil li 'ulum al-Tanzil)

Angki Fauzan Alim, AFA (2015) Konsep Naskh Perspektif Ibnu Juzayy (Telaah ayat-ayat toleransi Agama dalam al-Tashil li 'ulum al-Tanzil). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VII AKIR.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
BAB VI AKIR.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V AKIR.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV AKIR.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB III AKIR.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II AKIR.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
Text
BAB I AKIR.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan Judul “Konsep Naskh Perspektif Ibnu Juzayy (Telaah Naskh Ayat-ayat Toleransi Agama dalam al-Tashi>l li ‘Ulu>m al-Tanzi>l)” ini ditulis Angki Fauzan Alim, 2843134005, Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir dengan pembimbing Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag dan Dr. H. M. Syaifudin Zuhri, M. Ag. Kata Kunci: naskh, ayat toleransi, Ibnu Juzayy Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara konsep naskh dan praktik naskh yang dilakukan oleh Ibnu Juzayy dalam kitab tafsirnya. Melalui al-Qur’an Islam menyuarakan serta memberikan motivasi kepada umatnya untuk bertoleransi, memberikan kebebasan kepada komunitas agama lain untuk memeluk agama yang diyakini. Ayat-ayat tetang bertoleransi maupun memberikan kebebasan beragama merupakan ayat-ayat yang terkait dengan masalah akidah maupun dasar-dasar agama yang tidak menerima naskh. Namun demikian dalam pandangan Ibnu Juzayy ayat-ayat tentang toleransi agama merupakan bagian dari ayat-ayat dinasakh. Adanya kesenjangan perlu ditelisik lebih jauh mengingat penghapusan ayat yang bernuansa toleransi akan memberikan pengaruh yang signifikan dalam memahami konsep hubungan antaragama. Ada beberapa rumusan masalah dalam penelitian ini. Petama: Bagaimana pandangan Ibnu Juzayy terhadap konsep naskh?. Kedua: Bagaimana pandangan Ibnu Juzayy terhadap status ayat yang telah di nasakh?. Ketiga: Bagaimana metode Ibnu Juzayy dalam menasakh ayat?. Keempat: Bagaimana metode Ibnu Juzayy dalam menasakh ayat-ayat yang terkait dengan toleransi agama?. Penelitian ini bertujuan Pertama: Mendeskripsikan konsep naskh Ibnu Juzayy dalam al-Qur’an ataupun kitab tafsirnya., Kedua: Mendeskripsikan pandangan Ibnu Juzayy terhadap status ayat yang telah dinasakh. Ketiga: Mendeskripsikan dan mengkritik metode Ibnu Juzayy dalam menasakh ayat-ayat al-Qur’an. Keempat: Mendeskripsikan, mengkritik metode dalam menaskh ayat-ayat yang berkaitan dengan toleransi agama. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini digunakan beberapa metode maupun teknik analisis yaitu deskriptif, eksplanatori, kritis. Penelitian ini menyimpulkan. Pertama: Ibnu Juzayy menganggap bahwa konsep naskh merupakan konsep penghapusan hukum, pembatalan total suatu hukum yang pernah diberlakukan. Konsep tersebut mempunyai peranan yang sangat urgen dalam al-Qur’an dan merupkan satu dari sekian syarat yang harus dipenuhi oleh seorang mufasir dalam proses penafsiran al-Qur’an. Kedua: Konsep naskh Ibnu Juzayy memberikan implikasi bahwa ayat yang telah dinasakh merupakan ayat yang tidak berlaku berdasrkan objek penghapusannya. Ketiga: Penaskahan suatu ayat dalam perspektif Ibnu Juzayy didasarkan kepada pertentangan maupun aspek kesejarahan ayat/taqdi>m dan ta’khi>r. Artinya ayat yang turun paling akhir dinilai sebagai na>sikh pada ayat yang diturunkan sebelumnya. Keempat: Ibnu Juzayy merupakan seorang xix mufasir yang mempunyai pemahaman eksklusif sehingga penasakhan ayatayat yang bernuansa toleransi cenderung didasarkan kepada asumsi, tidak terjadi penaskahan secara hakiki.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: angki fauz angki nafis
Date Deposited: 02 Dec 2015 02:15
Last Modified: 02 Dec 2015 02:15
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item