PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MI DARUL ULUM REJOSARI WONODADI BLITAR

MAZIDAH, WILDA RAHMATUL (2015) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS III MI DARUL ULUM REJOSARI WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
REVISI BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Wilda Rahmatul Mazidah, NIM. 3217113104, pembimbing Drs. H. Jani, MM. M.Pd Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini masih menggunakan metode pembelajaran yang umum, di mana saat proses pembelajaran berlangsung gurulah yang cenderung aktif dan siswa hanya pasif, sehingga siswa cepat bosan dan kurang memahami materi. Akibatnya hasil belajar siswa kurang baik. Dengan berorientasi dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jual beli pada siswa kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan Metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jual Beli kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jual Beli kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan Metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jual Beli kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Role Playing pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Materi Jual Beli kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar dengan jumlah16 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, kategorisasi, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75% dari siswa yang telah mencapai nilai minimum 75. setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing melalui kegiatan awal peneliti memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, doa dan absensi, menyampaikan tujuan, memotivasi siswa serta apersepsi tentang materi yang akan di sampaikan. kegiatan inti peneliti menjelaskan materi dan menunjukkan beberapa gambar terkait materi, selanjutnya guru membagikan teks skenario, menjelaskan setiap karakter pemain dalam cerita dan siswa bermain peran. kemudian peneliti membagikan soal untuk mengukur pemahaman siswa tentang materi yang di pelajari. kegiatan penutup, peneliti membuat kesimpulan bersama dengan siswa dan merefleksi kegiatan pembelajaran kemudia mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdalah bersama dan mengucapkan salam. melalui susunan kegiatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi jual beli kelas III MI darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada post test siklus I yaitu 76,2 dengan persentase ketuntasan belajar 68,75%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 89,7 dengan persentase ketuntasan belajar 93,75%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III MI Darul Ulum Rejosari Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2014-2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: w wilda
Date Deposited: 01 Dec 2015 03:32
Last Modified: 01 Dec 2015 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item