PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK

Rif'atul, Jamilah (2015) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN TUGU KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
20. BAB VI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. EXEKUTIF SUMMARY.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER TESIIIIISSSS.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rif’atul Jamilah, NIM. 2845134039: Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Thesis, IAIN Tulungagung, 2015. Kata Kunci : Minat, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan pembinaan pribadi manusia menuju kedewasaan yang sempurna, pembinaan pribadi menuju kedewasaan memerlukan proses yang tidak pendek, dan proses itulah yang disebut dengan pendidikan/proses belajar mengajar. Keberhasilan pembelajaran di sekolah akan terwujud dari keberhasilan belajar siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dipengaruhi oleh faktor dari dalam individu maupun dari luar individu. Rumusan masalah dalam penelitian ini ; 1) adakah pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek?, 2) adakah pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek?, 3) adakah pengaruh secara bersama-sama minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek ? Tujuan penelitian ; 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek, 3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara bersama-sama minat belajar dan kebiasaan belajar Matematika terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah se-kecamatan Tugu kabupaten Trenggalek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, karena untuk mengetahui pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Tugu Trenggalek berjumlah 766 siswa dengan jumlah sampel 88 siswa. Data Minat belajar, dan kebiasaan belajar siswa dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunkan skala Likert dengan lima pilihan. Semua instrumen telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari asumsi klasik. Sedangkan data prestasi belajar siswa di ambil dari nilai ujian awal semester, ujian tengah semester, ulangan harian, dan ujian semester. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama, ada pengaruh antara minat belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, kedua ada pengaruh antara kebisaan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, dan ketiga ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa dan kebisaan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya 1) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan hasil uji regresi variabel minat belajr (X1) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh dari koefisien diterminasi uji korelasi partial sebesar 0.658 atau 65.80%. 2) Adanya pengaruh kebiasaan belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar hal ini dibuktikan hasil uji regresi variabel budaya terhadap prestasi belajar (Y) yang diperoleh dari koefisien diterminasi korelasi partial sebesar 0.859 atau 85.90%. 3) Adanya pengaruh bersama antara minat belajar siswa dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar di MI se kecamatan Tugu, hal ini dibuktikan hasil uji regresi variabel minat belajar siswa dan variabel kebiasaan siswa terhadap prestasi belajar sebesar 0.851 atau 85.10% dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: mas ruly budiyanto
Date Deposited: 10 Dec 2015 03:07
Last Modified: 10 Dec 2015 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item