Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah menggunakan Media Visual Gambar bagi Siswa Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014

Riska, Puspita Devi, (2014) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah menggunakan Media Visual Gambar bagi Siswa Kelas IV MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
RISKA PUSPITA DEVI (3217103078).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode al-Qawaid wa-Tarjamah, Media Visual Gambar, Hasil Belajar Bahasa Arab Rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, seringkali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak metode maupun media yang cocok dan menarik untuk digunakan. Menggunakan metode dan media nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan menggunakan media Visual Gambar. Dengan menerapkan metode dan media ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara maka metode al-Qawaid wa-Tarjamah dirasa mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas IV dikarenakan metode ini mempunyai kelebihan yaitu menekankan pada terjemahan mufradat. Kemudian menggunakan media Visual Gambar yang diproyeksikan melalui LCD dalam bentuk Power Point. Dengan adanya metode pembelajaran dan media baru, hal ini dapat menjadi acuan dan inspirasi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, menambah kualitas pembelajaran lebih bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan menggunakan Media Visual Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Keluargaku Siswa Kelas IV di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014? Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Keluargaku setelah dilakukan penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah menggunakan Media Visual Gambar Siswa Kelas IV di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah, Untuk mendeskripsikan Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan Media Visual Gambar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Keluargaku Siswa Kelas IV di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014. Untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Keluargaku xvi setelah dilakukan Penerapan Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dengan Media Visual Gambar Siswa Kelas IV di MIN Kolomayan Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan dan dokumentasi yang langsung dilakukan dilapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Kolomayan. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi dan hasil belajar siswa mencapai 75% dari tujuan yang harusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dan Media Visual Gambar materi pokok Keluargaku mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal Pre Test adalah 44,76 kemudian setelah melakukan siklus I mendapatkan nilai rata-rata 70,24 (Post Test I) dan nilai Post Test pada siklus II adalah 84,34. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Arab melalui Metode al-Qawaid wa-Tarjamah dan Media Visual Gambar bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIN Kolomayan Blitar pada semester genap tahun pelajaran 2013-2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 04:40
Last Modified: 02 Dec 2014 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item