PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS V DI MI SE-KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK

SRIANI, SR (2015) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS KELAS V DI MI SE-KECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img] Text
LAMPIRAN 1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 2,3.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 4-5.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 6.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 7-10.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “ Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek “ ini ditulis oleh Sriani dengan dibimbing oleh Dr. Akhyak, M.Ag, dan Dr. As’aril Muhajir, M.Ag. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa Pada dasarnya pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang. Dimana lingkungan atau tempat berlangsungnya proses pendidikan meliputi pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat, ketiga pusat pendidikan ini sebagai penanggungjawab yang dituntut melakukan kerjasama diantara mereka baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan menopang kegiatan yang sama secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Dengan kata lain, perbuatan mendidik yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak juga dilakukan oleh sekolah dengan memperkuat serta dikontrol oleh masyarakat sebagai lingkungan sosial siswa. Dengan adanya bimbingan pengajaran dari berbagai pihak diharapkan dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal, akan tetapi antara siswa satu dengan lainnya itu mempunyai pencapaian hasil belajar yang berbeda-beda, ada siswa yang dapat mencapai hasil belajar yang tinggi, sedang, dan ada yang mencapai hasil yang rendah. Berbagai permasalahan selalu muncul ketika pembelajaran Al Qur’an Hadits berlangsung karena masih banyak siswa yang kurang mempunyai kemampuan baik dalam membaca, menulis, dan menghafal Al Qur’an Hadits sehingga hal ini sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits, dan tentunya berpengaruh pula dalam menentukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perhatian orang tua, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?, (2) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?, (3) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?, (4) Bagaimana pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survai, karena untuk mengetahui pengaruh variabel Perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap variabel hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek berjumlah 114 siswa dengan jumlah sampel 89 siswa. Data Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan skala xvii Likert dengan lima pilihan. Semua instrument telah memenuhi syarat sebagai alat pengukuran, karena telah diujicobakan sehingga telah memenuhi syarat validitas dan reabilitas dengan teknik alpha cronbach dan telah lulus dari uji persyaratan analisis. Sedangkan data hasil belajar siswa diambil dari hasil nilai rata-rata ulangan harian Al Qur’an Hadits siswa kelas V semester ganjil. Ada tiga hipotesis dalam penelitian ini yaitu: pertama, ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa, kedua ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan ketiga ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI seKecamatan Pogalan Trenggalek tergolong sedang, motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Trenggalek tergolong sedang, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Trenggalek termasuk kriteria sedang diatas nilai minimal ketuntasan. 2) Terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek 3) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI se-Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek 4) Terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di MI seKecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: sriani . .
Date Deposited: 30 Nov 2015 06:36
Last Modified: 30 Nov 2015 06:36
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item