Pengaruh Strategi Pembelajaran Barbasis Masalah dan Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, MI Ngadirejo, dan MI Jami’atul ‘Ulum Ngetal” Pogalan Trenggalek

Nurul Akhadiyah, NA (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Barbasis Masalah dan Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, MI Ngadirejo, dan MI Jami’atul ‘Ulum Ngetal” Pogalan Trenggalek. [ Thesis ]

[img] Text
BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (407kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 5 $ 6.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Lampiran 7 & 8.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Lampiran 9 & 10.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Lampiran 14.pdf

Download (514kB)
[img] Text
Lampiran 20.pdf

Download (365kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, MI Ngadirejo, dan MI Jami’atul ‘Ulum Ngetal Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Nurul Akhadiyah dengan dibimbing oleh Dr.Prim Masrokan Mutohar, M.Pd dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Strategi Inkuiri, dan Ketrampilan Berpikir Kritis. Seiring dengan perkembangan IPTEK yang pesat dan perubahan masyarakat yang dinamis, warga Indonesia perlu dipersiapkan agar mampu bersaing bebas dan memiliki ketangguhan dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis yaitu pengembangan pembelajaran inovatif yang mampu mengembangkan ketrampilan berpikir siswa, belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan memecahkan masalah. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memberikan sumbangan penting bagi siswa dalam pengembangan bernalar, berpikir logis, sistematis, kritis, dan cermat, serta obyektif dan terbuka dalam menghadapi berbagai masalah.Karena matematika merupakan ilmu dasar yang juga diajarkan di sekolah termasuk SD/MI, maka dalam pembelajarannya diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kritis mata pelajaran matematika.Berbagai penelitian telah menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi inkuiri dapat meningkatkan ketramplan berpikir siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana deskripsi Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Inkuiri, dan Ketrampilan berfikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, MI Ngadirejo dan MI Jami’atul Ulum Ngetal Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek.?; (2) Apakah ada pengaruh Strategi pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Ketrampilan berfikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?; (3) Apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Ketrampilan berfikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?; (4) Apakah ada pengaruh Strategi pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri terhadap Ketrampilan berfikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?; (5) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara Strategi pembelajaran Konvensional dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo, dan MI Jami’atul Ulum Ngetal Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?; (6) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara Strategi pembelajaran Konvensional dengan Strategi Inkuiri terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Ngadirejo dan MI Jami’atul Ulum Ngetal Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?; (7) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara Strategi pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Inkuiri terhadap Ketrampilan berfikir kritis mata pelajaran matematika siswa kelas IV di MI Yapendawa Bendorejo dan MI Ngadirejo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Yapendawa sebagai kelas eksperimen 1, Madrasah Ibtidaiyah Ngadirejo sebagai kelas eksperimen 2, dan Madrasah Ibtidaiyah Jami’atul ‘Ulum sebagai kelas control. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan strategi berbasis masalah, kelas eksperimen 2 diberi perlakuan strategi inkuiri, dan kelas kontrol diberi perlakuan strategi konvensional. Untuk melihat keberhasilan eksperimen (treatment) maka hasil kelas eksperimen dibandingkan dengan hasil kelas kontrol dan dianalisis dengan uji t dan uji F. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Srategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi inkuiri dapat meningkatkan ketrarampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan strategi konvensional. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah di MI Yapendawa Bendorejo dapat meningkatkan presentase skor rata-rata indikator ketrampilan berpikir kritis siswa sebesar 33% dan strategi inkuiri di MI Ngadirejo sebesar 26%. Sedangkan strategi konvensional di MI Jami’atul ‘Ulum hanya 14%; (2) Strategi pembelajaran berbasis masalah mempunyai pengaruh signifikan terhadap ketrampilan berpikir kritis di MI Yapendawa, dalam hasil perhitungan diperoleh diperoleh diperoleh thitung = 10.046 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < taraf nyata (α=0.05); (3) Strategi pembelajaran inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ketrampilan berpikir kritis di MI Ngadirejo , berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 13.658 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < taraf nyata (α=0.05); (4) Strategi pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap ketrampilan berfikir kritis di MI Yapendawa dan MI Ngadirejo, dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh diperoleh Fhitung = 9.612 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.002 < taraf nyata (α=0.05); (5) Ada perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran konvensional dengan strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap ketrampilan berpikir kritis, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 7.315 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < taraf nyata (α=0.05); (6) Ada perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran konvensional dengan strategi inkuiri terhadap ketrampilan berpikir kritis, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 6.242 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000 < taraf nyata (α=0.05); (7) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara strategi pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terhadap ketrampilan berfikir kritis, berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 0.346 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0.733 > taraf nyata (α=0.05).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Nurul na Akhadiyah
Date Deposited: 30 Nov 2015 06:36
Last Modified: 30 Nov 2015 06:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item