Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul’Izzah Nganjuk)”,Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung,

Mohamad, Juliantoro (2015) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul’Izzah Nganjuk)”,Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung,. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB II..pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaqka.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (45MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohamad Juliantoro, 2015, “ Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Multisitus di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul’Izzah Nganjuk)”,Program Pascasarjana, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: (1) Dr. Maftukhin, M.Ag, (2) Dr. H. Munardji, M.Ag Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu pendidikan Perubahan kemajuan zaman yang terus dinamis, menuntut peningkatan mutu lembaga sekolah wajib dilakukan. Maka dipandang wajib bagi keseluruhan unit yang berada didalam lembaga tersebut untuk mempertahankan eksistensinya. Kepala sekolah sebagai leader (pimpinan) yang memegang maju dan mundurnya suatu sekolah harus dapat mengambil langkah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan akan tercapai, apabila didukung oleh seluruh komponen pendidikan yang terorganisir dengan baik. Komponen tersebut adalah input, proces, dan output, dan ini perlu mendapat dukungan sepenuhnya dari pihak yang mempunyai peran penting dalam lembaga pendidikan. Kepala sekolah sebagai penentu kebijakan di sekolah harus memfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah, serta mengarah kepada pencapaian tujuan yang optimal, demi meningkatkan mutu pendidikan. Berkenaan dengan hal tersebut, peneliti ini fokuskan pada: 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Educator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk?, 2). Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Manager dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk?, 3). Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Administrator dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk?, 4). Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan rancangan studi multikasus, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara yang mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data, yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai 1). educator di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk adalah cara membimbing siswa, guru, dan karyawan, Pembinaan melalui pemanggilan langsung dan diikutsertakan dalam kegiatan MGMP dan Pelatihan (Workshop), mengembangkan guru dan staf dengan mengusahan bahwa pendidikan tidak hanya S1 tetapi S2 sampai S3. Kepala sekolah mengikuti kegiatan kelompok kepala sekolah, Memberikan reward and punishment 2). manajer di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk adalah membuat Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan semua kegiatan, Semua permasalahan disekolah diselesaikan oleh semua warga sekolah, Penanaman sikap disiplin dengan sistem sistemik. Pemberdayaan KKG dan MGMP, Menyusun organisasi sekolah yang sesuai dengan SDM. Mengoptimalkan sarana dan prasarana, Mengoptimalkan semua warga sekolah untuk mendukung kegiatan sekolah baik akademik maupun non akademik. 3). administrator di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk adalah perlengkapan Adminstrasi dan Memeriksa Kelengkapan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), Perlengkapan Kesiswaan, Keuangan, Sarpras, Humas, Persuratan, Pelayanan rutin perpustakaan dan laboratorium, Administrasi Kurikulum. 4). supervisor di SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang dan SMP Islam Baitul ‘Izzah Nganjuk adalah menyusun program supervisi pendidikan, Pengawasan Terhadap pelaksanaan KBM, Pengawasan terhadap Perangkat Pembelajaran, Memanfaatkan hasil supervisi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: daftar Juli Mohamad Juliantoro
Date Deposited: 16 Dec 2015 06:47
Last Modified: 16 Dec 2015 06:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item