PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015

choirun, nikmah (2015) PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB-I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB-II.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB-III.pdf

Download (54kB)
[img]
Preview
Text
BAB-IV.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Deskripsi-Lokasi-Penelitian.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN-DEPAN.pdf

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran SKI di MTs Darussalam Kademangan Blitar Tahun Pelajaran 2014- 2015” ini ditulis oleh Choirun Ni’mah, NIM. 3211113052, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si Kata Kunci: Pengembangan Minat Belajar Siswa Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengembangan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) di MTs Darussalam kademangan blitar tahun pelajaran 2014-2015? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif diskriptif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara mendalam, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan trianggulasi, ketekunan pengamatan, dan memperpanjang pengamatan. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Pengolahan materi sudah dipersiapkan sejak pembuatan RPP dan menyesuaikan dengan silabus dan buku panduan yang digunakan pada saat ini. 2) Dalam penyamapian materi guru selalu menggunakan beberapa metode untuk menunjang keberhasilan belajar dan menumbuhkan minat belajar serta perhatian siswa saat pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, cerita dan permainan. 3) Selain materi dan metode, media juga mempengaruhi menumbuhkan minat belajar, dalam penelitian ini media yang digunakan adalah media papan tulis, buku dan terkadang menggunakan LCD atau proyektor dengan memaparkan power point dan video. 4) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, komunikasi yang baik untuk mendekati siswa yang mengalami kesulitan belajar, belajar diruang terbuka untuk menghilangkan rasa jenuh siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: choirun nikmah
Date Deposited: 26 Nov 2015 07:03
Last Modified: 26 Nov 2015 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item