PENGARUH PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK

Abidin, Iin Azizah (2015) PENGARUH PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PERILAKU SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH SE-KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
2.Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3.Pengesahan.pdf

Download (138kB)
[img]
Preview
Text
4.Pernyataan Keaslian.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Motto.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.Persembahan.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Prakata.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
8.Daftar Tabel.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
9.Daftar Lampiran.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.Daftar Isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
13.BAB II.pdf

Download (747kB)
[img]
Preview
Text
14.BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.BAB IV.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16.BAB V.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.BAB VI.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18.Daftar Rujukan.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
19.Angket.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
20.Pedoman Interview dan Observasi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21.Distribusi jawaban siswa 2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
21.Distribusi jawaban siswa 3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
21.Distribusi jawaban siswa 4.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
21.Distribusi jawaban siswa.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
22.Nilai Prestasi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (5kB) | Preview
[img] Text
EXECUTIVE SUMMARY.pdf

Download (344kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Iin Azizah NIM. 2845134019 “Pengaruh Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dan Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Perilaku Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek”, Tesis 2015, Program Pasca Sarjana, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam (IPDI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Maftukhin, M.Ag dan Dr. Prim Masrokhan Muthohar, M.Ag. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak, Pendidikan Kewarganegaraan, Perilaku Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya tindakan siswa yang menyimpang dari ajaran agama dan tuntunan moral yang berlaku dimasyarakat. Idealnya, siswa yang telah menguasai tentang teori dan materi aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan yang diajarkan dikelas dapat mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena mata pelajaran tersebut tidak hanya ranah kognitif saja tetapi mencakup pula ranah afektif dan psikomotorik. Dengan demikian ukuran keberhasilan dalam mencapai tujuan mata pelajaran aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan tidak hanya pada teori saja, tetapi juga dari perilaku siswa tersebut sebagaimana yang telah dipelajari. Sehingga dapat membentuk perilaku yang baik pada diri sisiwa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran umum prestasi belajar aqidah akhlak, prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dan perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (2) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (3) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? (4) Adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran umum prestasi belajar aqidah akhlak, prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dan perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. (4) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan terhadap perilaku siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah pendekatan kuantitatif atau analisis data statistik. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa siswi Kelas V Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Gandusari sebanyak 199 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode observasi, metode wawancara, metode angket dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan thitung > ttabel (13.990 > 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel prestasi belajar Aqidah Akhlak adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2.200> 1,669). Nilai signifikansi t untuk variabel prestasi belajar siswa pendidikan kewarganegaraan adalah 0.031 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,031 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar aqidah akhlak dan pendidikan kewarganegaraan dengan perilaku siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Gandusari Trenggalek dibuktikan dengan Fhitung (148.890) > Ftabel (3.140) dengan nilai signifikansi uji serempak (uji F) diperoleh nilai 0,000, dengan demikian nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,010 < 0,05).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: Iin Azizah Iin Abidin
Date Deposited: 27 Nov 2015 07:23
Last Modified: 27 Nov 2015 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2714

Actions (login required)

View Item View Item