PENGARUH SIKAP KETEKUNAN DAN LOYALITAS GURU SERTA MOTIVASI BELAJAR PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG

Rahmi, Lia Hanifatur (2015) PENGARUH SIKAP KETEKUNAN DAN LOYALITAS GURU SERTA MOTIVASI BELAJAR PAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA SMAN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERSEMBAHAN.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. MOTTO.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. PRAKATA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
19. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
20. ANGKET LIA.pdf

Download (34kB)
[img] Text
21. profil sekolah.pdf

Download (41kB)
[img] Text
22. LAMPIRAN2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
23. BIODATA PENULIS.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Sikap Ketekunan dan Loyalitas Guru PAI serta Motivasi Belajar PAI terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa SMAN se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Hanifatur Rahmi, NIM: 2846134017, dibimbing oleh Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. dan Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata kunci : Sikap Ketekunan, Sikap Loyalitas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya guru yang hanya berkeinginan menggugurkan kewajiban dalam profesinya sebagai pendidik tanpa menunjukkan sikap tekun dan loyal. Selain itu, pentingnya sikap ketekunan dan loyalitas guru dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik yang dapat mempengaruhi motivasi belajar dan prestasi siswa. Dengan adanya pengaruh dari sikap ketekunan dan loyalitas guru, motivasi siswa akan semakin tinggi atau justru berkurang sehingga mempengaruhi prestasi belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini: 1) Adakah pengaruh sikap ketekunan guru terhadap prestasi belajar PAI? 2) Adakah pengaruh sikap loyalitas terhadap prestasi belajar PAI? 3) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI? 4) Adakah pengaruh secara simultan antara sikap ketekunan guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI? 5) Adakah pengaruh secara simultan antara sikap loyalitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI? 6) Adakah pengaruh secara simultan antara sikap ketekunan dan loyalitas guru serta motivasi belajar PAI terhadap prestasi belajar PAI? Kegunaan penelitian: Secara teoritis untuk memberikan sumbangan keilmuan di bidang pendidikan khususnya tentang pengaruh sikap loyalitas dan ketekunan guru PAI terhadap motivasi dan prestasi belajar PAI siswa. Secara praktis: 1) Bagi Kepala SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung: penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk lebih meningkatkan kualitas guru PAI yang berkaitan dengan loyalitas dan ketekunan, serta meningkatkan motivasi belajar PAI siswa. 2) Bagi guru SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung: hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membantu memperbaiki sikap guru dan meningkatkan kinerjanya sehingga berpengaruh baik pada motivasi belajar siswa. 3) Bagi peneliti selanjutnya: hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan loyalitas dan ketekunan guru PAI, serta motivasi belajar PAI siswa. 4) Bagi pembaca: dapat memperluas pengetahuan tentang pengaruh ketekunan dan loyalitas guru PAI serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan metode penelitian kuantitatif. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan rumus analisa regresi linear ganda yang bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh tiga variabel independent terhadap satu variabel dependent. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN se-Kabupaten Tulungagung. Namun karena adanya keterbatasan waktu dan tenaga maka peneliti menggunakan Cluster Sampling untuk mempersempit cakupan populasi menjadi 4 lembaga SMAN se-Kabupaten Tulungagung. Untuk menentukan sampel penelitian penyebaran angket, peneliti menggunakan Random Stratified Sampling dengan rumus Isaac. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sampel dalam penelitian ini diambil dari empat lembaga SMAN se-kabupaten Tulungagung Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ketekunan guru terhadap prestasi belajar PAI siswa. Dari hasil analisis data pada taraf kepercayaan 5% menunjukkan bahwa t-hitung sikap ketekunan = 10,161 lebih besar dari t-tabel = 1,968. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara loyalitas guru terhadap prestasi belajar PAI siswa yang ditunjukkan oleh t-hitung loyalitas guru = 4,682 lebih besar dari t-tabel. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar PAI terhadap prestasi belajar PAI yang ditunjukkan oleh nilai t hitung = 5,427 lebih besar dari t-tabel. 4) Ada pengaruh antara sikap ketekunan guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI yang ditunjukkan oleh nilai F hitung = 77,075 lebih besar F tabel = 3,040 dan pengaruhnya sebesar 32,9%. 5) Ada pengaruh antara sikap loyalitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI yang ditunjukkan oleh nilai F tabel = 31,069 dan pengaruhnya sebesar 16,5%. 6) Ada pengaruh antara sikap ketekunan dan loyalitas guru serta motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI yang ditunjukkan oleh nilai F tabel = 61,876 dan pengaruhnya sebesar 37,5%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd.I Lia Hanifatur Rahmi
Date Deposited: 21 Dec 2015 07:32
Last Modified: 21 Dec 2015 07:32
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item