PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK

TUTI, TRIANASARI (2015) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV MI NURUL ULUM PARAKAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK tuti fix.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB I bismilah.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB II bismilah.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III bismilah.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Bissmilah.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V bissmilah.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN TUTI TRIANASARI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan metode Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek” yang ditulis oleh Tuti Trianasari, NIM. 3217113100, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Drs. Jani, MM., M. Pd Kata kunci : Metode, Talking Stick, hasil belajar, PKn Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kegiatan dalam proses belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah yang biasanya kita temui siswa-siswi mengalami kesulitan belajar terlebih pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Untuk bisa belajar dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu mengerjakannya, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, dengan begitu siswa akan lebih mempunyai wawasan yang luas tentang belajar mereka. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode mengajar yang tepat dan efektif. Metode Talking Stick sebagai salah satu metode belajar yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif dan menyenangkan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kompetensi dasar mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek tahun ajaran 2014-2015?, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek tahun ajaran 2014-2015? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek tahun ajaran 2014-2015. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode Talking Stick pada mata pelajaran PKn materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek tahun ajaran 2014-2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV MI Nurul Ulum tahun ajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari 26 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Setelah dilakukan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan metode Talking Stick melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kegiatan awal peneliti memulai pelajaran dengan mengucap salam, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan memotivasi siswa. 2) Kegiatan inti peneliti menyiapkan sebuah tongkat, menyampaikan materi pokok, siswa mempelajari materi pada pegangannya, selanjutnya peneliti mengambil tongkat, setelah itu peneliti memberikan pertanyaan dan siswa yang mendapat tongkat tersebut harus menjawabnya. 3) Kegiatan penutup peneliti membuat kesimpulan, merefleksi, dan mengakhiri pelajaran dengan mengucap salam. Metode pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetensi dasar mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat materi sistem pemerintahan pusat. Dari hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 48,84, pada siklus I menjadi 63,88, dan pada siklus II naik menjadi 83,07. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 3,84%, pada siklus I menjadi 46,15% dan pada siklus II naik menjadi 88,46%. Dari hasil mata pelajaran PKn siswa kelas IV MI Nurul Ulum Parakan Trenggalek tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: TUTI TRIANASARI
Date Deposited: 24 Nov 2015 03:57
Last Modified: 24 Nov 2015 03:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item