STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

AZHARI, AKUN MALI (2015) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI SISWA DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
awal.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Akun Mali Azhari, NIM 3211113004, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Masduki, M.Ag Kata kunci : Strategi, Guru, Akhlak Latar belakang masalah : adanya banyak fenomena prostitusi dikalangan pelajar SMA yang semakin menghawatirkan, sehingga peran guru dalam meningkatkan akhlak siswa diperlukan guna membentengi siswa agar tidak terjerumus dalam dunia prostitusi. Rumusan masalah : 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMAN 1 Rejotangan ?, 2) Apa saja hambatan penerapan strategi guru PAI dalam meningkatkan Akhlak terpuji siswa di SMAN 1 Rejotangan ?, 3) Upaya apa yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi hambatan dalam penerapan strategi meningkatkan akhlak terpuji siswa di SMAN 1 Rejotangan ?. Metode penelitian : 1) Pendekatan : kualitatif, 2) Kehadiran peneliti di lapangan : peneliti hadir langsung di SMAN 1 Rejotangan, 3) Sumber data : informan terdiri dari kepala sekolah, guru dan siswa, 4) Metode pengumpulan data : wawancara, observasi dan dokumentasi, 5) Analisis data : menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, 6) Pengecekan keabsahan temuan : perpanjang kehadiran, triangulasi sumber dan triangulasi metode, pembahasan sejawat, dan kredibilitas data. Hasil penelitian : 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan akhlak terpuji terdiri dari pembelajaran dalam kelas meliputi berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, pemberian nasihat, keteladanan dan pemberian hadiah dan hukuman. Melalui kegiatan luar kelas meliputi berjabat tangan, larangan makan dengan berdiri, shalat berjamaah, dan memperingati hari-hari besar Islam. 2) hambatan dalam penerapan strategi meningkatkan akhlak terpuji siswa diantaranya faktor dari dalam diri siswa sendiri, faktor keluarga dan juga faktor lingkungan. 3) upaya untuk mangatasi hambatan dalam penerapan strategi yang dilakukan guru PAI ialah dengan cara menjalin kerjasama antara guru dangan orang tua siswa dan juga pembiasaan terhadap siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AKUN MALI AZHARI
Date Deposited: 20 Nov 2015 02:04
Last Modified: 20 Nov 2015 02:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item