UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

SELVIANA, RAHMA DWI (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

ABSTAK Rahma Dwi Selviana, NIM 3211113153. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan membaca Al-Qur’an Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen Pembimbing Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: upaya guru Pendidikan Agama Islam, membaca Al-Qur’an, siswa berkebutuhan khusus (SBK). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena adanya siswa yang kurang mampu dan kurang minat dalam membaca Al-Qur’an, apalagi jika hal ini terjadi pada anak berkebutuhan khusus, dimana untuk membaca huruf latin saja sesuai Ejaan Yang Disempurnakan mereka masih mengalami kesulitan, apalagi dalam membaca Al-Qur’an, yang mereka ketahui hanya bermain dan makan. Sungguh ironis potret pelajar saat ini. Sudah menjadi tanggungjawab orang tua dan sekolah untuk mendidik dan mengarahkan mereka seperti yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung? (2) Apa saja program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung? (3) Apa faktor-faktor penghambat dan pendukung serta solusi kegiatan belajar membaca Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan peneliti, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan review informan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Kegiatan belajar membaca Al-Qur’an di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri Campurdarat Tulungagung dilaksanakan setiap seminggu dua kali yaitu pada hari Senin dan Rabu di musholla sekolah, kegiatan ini dimulai pada jam pulang yaitu pukul 12.00 WIB dengan mendatangkan guru khusus tilawatil Qur’an. (2) program peningkatan membaca Al-Qur’an yaitu: adanya metode, media, penghargaan siswa, hukuman agar siswa disiplin belajar, motivasi (internal/ekternal) (3) faktor menghambat: siswa tidak bisa fokus, Arab braille sulit, sering lupa, guru tilawah sering sibuk, lingkungan sekolah yang masih ramai. Pendukung: semangat dari diri siswa, adanya guru khusus tilawah, dorongan orang tua, fasilitas yang mendukung, media yang tersedia. Solusi: mengganti bahkan menambah jadwal kegiatan, jika siswa mengalami lupa, maka guru dengan telaten dan sabar mengulangi pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RAHMA DWI SELVIANA
Date Deposited: 26 Nov 2015 07:30
Last Modified: 26 Nov 2015 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item View Item