TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) PADA PT DUTA NETWORK INDONESIA (STUDI KASUS TEAM NINJA BANGKIT TULUNGAGUNG)

Ajizah, Nur (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) PADA PT DUTA NETWORK INDONESIA (STUDI KASUS TEAM NINJA BANGKIT TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA AJIZAH.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran AJIZAH.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Bisnis Multi Level Marketing (MLM) Pada PT Duta Network Indonesia (Studi kasus Team Ninja Bangkit Tulunggaung)”, ini ditulis oleh Nur Ajizah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Jurusan Hukum Ekonomi Syariah dibimbing oleh Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I. Kata Kunci: Sistem Bisnis Multi Level Marketing (MLM), PT Duta Network Indonesia, Samsarah (makelar), Hukum Islam. Sebagaimana diketahui bahwa akhir-akhir ini telah muncul wacana baru masyarakat terhadap sistem bisnis Multi Level Marketing. Dalam peraturan pemerintah No. 73 tahun 2000 tetang ketentuan kegiatan usaha penjualan berjenjang, setelah ditetapkannya peraturan tersebut, maka upaya masyarakat dalam keterlibatan didunia bisnis semakin bertambah meningkat, khususnya dalam bisnis Multi Level Marketing. Namun dalam usaha MLM juga harus melihat dari ketentuan Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi atau memperdagangkan barang atau jasa yang tidak sesuai dengan janji atau dinyatakan dalam label atau promosi penjualan barang atau jasa tersebut. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan sistem bisnis Multi Level Marketing (MLM) PT Duta Network Indonesia yang diterapkan kepada para member Team Ninja Bangkit di Tulungagung? 2) Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap sistem bisnis Multi Level Marketing (MLM) pada PT Duta Network Indonesia?. Sedangkan tujuan dan manfaat dari hasil penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui dan mendiskripsikan sistem dari bisnis Multi Level Marketing (MLM) PT Duta Network Indonesia yang diterapkan kepada para member Team Ninja Bangkit Tulungagung. 2) Untuk mendiskripsikan pandangan hukum Islam terhadap bisnis Multi Level Marketing PT Duta Network Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu metode interview atau wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis induksi dan diduksi. Adapun pengecekan keabsahan data yaitu: perpanjang kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Hasil penelitiannya adalah 1) Bahwa sistem yang diterapkan oleh Team Ninja Bangkit Tulungagung yaitu dengan upaya mnyebarkan brosur, DOP (Duta Opertunity Presentation), presentasi langsung, marketing plan silver dan marketing plan gold. 2) Adapun pandangan hukum Islam terhadap sistem bisnis Multi Level Marketing yang diterapkan oleh para anggota member Team Ninja Bangkit Tulungagung ini adalah mubah atau boleh, karena produk maupun jasa sistem yang diterapkan oleh PT. Duta Network Indonesia tersebut bebas dari hal-hal yang dilarang oleh hukum Islam serta tidak menyalahi kode etik dalam penerapan bisnisnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: NUR AJIZAH
Date Deposited: 09 Nov 2015 03:46
Last Modified: 09 Nov 2015 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2597

Actions (login required)

View Item View Item