Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Palupi, Diah Titah Suko (2014) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(1).pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(1).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III(1).pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV(1).pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V(1).pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DFTR RJUKN.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), Hasil Belajar IPS. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS. Salah satu indikator penyebab rendahnya hasil belajar IPS dewasa ini adalah kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditambah bahwa proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS kurang bervariasi, dan menyebabkan siswa kurang bersemangat serta pemahaman siswa tehadap materi kurang, sehingga hasil belajar siswa di MI Negeri Tunggangri Kalidawir masih rendah. Salah satu cara meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melibatkan mereka secara aktif untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan guru. Jika para peserta didik ingin timnya mendapatkan penghargaan tim, mereka harus membantu teman satu timnya untuk mempelajari materi. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran IPS materi uang pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS materi uang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK Kemmis & Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. xvii Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 61 pada siklus I menjadi 73,36 dan pada siklus II naik menjadi 87,92. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari tes awal yaitu 28%, pada siklus I menjadi 48% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III MI Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 03:20
Last Modified: 02 Dec 2014 03:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item