PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI PRIGI II TRENGGALEK

NURIADINKA, TITIS (2015) PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI PRIGI II TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (121kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KARTU BIMBINGAN.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 2.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 3.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran 4.pdf

Download (562kB) | Preview
[img] Text
new halaman depan.pdf

Download (697kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Talking Stick dengan Menggunakan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Prigi II Trenggalek” ini ditulis oleh Titis Nuriadinka, NIM. 3217113099, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci : Metode Talking Stick, Keterampilan Berbicara, Motivasi Belajar. Latar Belakang penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan guru akan banyaknya metode yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran selain metode lama yaitu metode ceramah. Salah satu metode yang bisa diterapkan adalah metode Talking Stick. Metode Talking Stick merupakan metode yang dapat melatih siswa untuk berani mengemukakan pendapat, melatih kepercayaan diri siswa untuk berbicara di depan teman-temannya. Selain melatih keterampilan berbicara, metode Talking Stick juga dapat meningkatkan motivasi belajar. Masing-masing siswa merasa mempunyai tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik. Berdasarkan hal ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh penerapan metode Talking Stick dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Prigi II Trenggalek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode Talking Stick dengan menggunakan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Prigi II Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015?. 2) Bagaimana penerapan metode Talking Stick dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Prigi II Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015?. 3) Bagaimana penerapan metode Talking Stick dengan menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MI Prigi II Trenggalek Tahun Ajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus meliputi empat kegiatan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Prigi II Trenggalek yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase nilai rata-rata (NR) untuk keterampilan berbicara sebesar 60% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh prosentase nilai rata-rata (NR) sebesar 67% pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II. Prosentase ketuntasan pre test atau tes awal yaitu 25% dan prosentase ketuntasan pada post test siklus I adalah 70% meningkat menjadi 100% pada post test siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: TITIS NURIADINKA
Date Deposited: 30 Oct 2015 03:33
Last Modified: 30 Oct 2015 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2573

Actions (login required)

View Item View Item