USAHA GURU UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SANTRI MADRASAH BAITURROHMAN DI TALUN KULON BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015

WALIDAH, ERLINA LUTHFI (2015) USAHA GURU UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR SANTRI MADRASAH BAITURROHMAN DI TALUN KULON BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER & LEMBAR PERSETUJUAN 2.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Usaha Guru Untuk Meningkatkan Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015” ini ditulis oleh Erlina Luthfi Walidah, NIM. 3211113067, Pembimbing Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata kunci: Guru, Belajar, Santri, Madrasah Baiturrohman Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa guru memiliki pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan belajar santri. Karena guru merupakan penanggungjawab pembelajaran di Madrasah, hendaknya dapat meyakinkan kepada masyarakat bahwa segala sesuatunya telah berjalan dengan baik, termasuk pemanfaatan dan penyediaan sumber belajar, fasilitas santri, serta orang tua yang selalu memberikan dukungan. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Usaha Guru untuk membimbing Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015? (2) Bagaimana Usaha Guru untuk memfasilitasi Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015? (3) Bagaimana Usaha Guru untuk memotivasi Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015? Tujuan Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk Mengetahui Bagaimana Usaha Guru untuk membimbing Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015. (2) Untuk Mengetahui Bagaimana Usaha Guru untuk memfasilitasi Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015. (3) Untuk Mengetahui Bagaimana Usaha Guru untuk memotivasi Belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2015. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahnik Analisa Data dalam penelitian ini adalah (1) Reduksi Data yaitu merangkum, memilih hal-hal yang pokok, dan memfokuskan pada hal-hal yang penting sampai keseluruhan data terkumpul (2) Penyajian Data yaitu penyajian data yang dapat dilakukan dalam bentuk tabel, bentuk teks, dan sejenisnya. (3) Kesimpulan yaitu Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara, dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Tetapi apabila ada bukti yang valid, maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan yang kredibel. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah (1) Perpanjangan Keikutsertaan yaitu Keikutsertaan peneliti sangat menentukan dalam pengumpulan data. Perpanjangan keikutsertaan peneliti akan memungkinkan peningkatan derajat kepercayaan data yang dikumpulkan. (2) Ketekunan atau Keajegan Pengamatan yaitu Ketekunan pengamatan bermaksud menemukan ciri-ciri unsur-unsur dalam situasi yang sangat relevan dengan persoalan atau isu yang sedang dicari dan kemudian memusatkan hal-hal tersebut secara terinci. (3) Triangulasi yaitu peneliti dapat me-recheck temuannya dengan jalan membandingkan berbagai sumber,metode, atau teori. (4) Pengecekan Sejawat yaitu mengecek persamaan dan perbedaan pandangan antara penulis dan rekan melalui diskusi dan Tanya jawab agar dieliminir dan objektivitas penulis dalam menghadapi data bisa diperkuat. Temuan hasil penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Usaha Guru untuk membimbing belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015 adalah Agar santri tetap semangat dalam mengikuti belajar dan pembelajaran, guru harus memberikan motivasi terhadap anak supaya lebih giat dalam belajar. Seperti memberikan penghargaan nilai yang bagus, sebab itu akan jadi pengaruh santri untuk tetap semangat belajar. (2) Usaha Guru untuk memfasilitasi belajar santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015 adalah Selain adanya fasilitas-fasilitas yang telah disediakan di madrasah untuk santri, dukungan dari orang tua juga sangat penting. Sebab dengan santri mendapat dukungan orang tua, santri menjadi melangkah tanpa beban, santri menjadi mudah untuk diajari, mudah belajar, mudah dididik, mudah di nasehati. Beda dengan santri yang tidak dapat dukungan dari orang tua, suasah diatur, di nasehati, karena santri merasa terbebani dengan sikap orang tuanya yang kurang mendukung dengan apa yang dilakukan oleh anaknya. (3) Usaha Guru untuk memotivasi belajar Santri Madrasah Baiturrohman di Talun Kulon Bandung Tulungagung tahun ajaran 2015 adalah Dalam pendidikan Madrasah, motivasi sangat mempengaruhi dalam proses belajar dan pembelajaran santri. Motivasi belajar yang tinggi tercermin dari ketekunan yang tidak mudah patah untuk mencapai sukses meskipun dihadang oleh berbagai kesulitan. Adapun ciri-ciri santri yang termotivasi belajar untuk berprestasi antara lain tekun, ulet menghadapi kesulitan, lebih senang bekerja sendiri, menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah, dapat mempertahankan pendapat, senang mencari dan memecahkan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ERLINA LUTHFI WALIDAH
Date Deposited: 24 Nov 2015 02:36
Last Modified: 24 Nov 2015 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item