Upaya Guru Dalam Penggunaan Media Visul Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2014/ 2015

firma, nurfika (2015) Upaya Guru Dalam Penggunaan Media Visul Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2014/ 2015. [ Skripsi ]

[img] Text
cover dalam1.docx

Download (109kB)
[img] Text
1. BAB I clear.doc

Download (100kB)
[img] Text
2. BAB II clear.doc

Download (204kB)
[img] Text
3. BAB III clear.doc

Download (66kB)
[img] Text
4. BAB IV clear.doc

Download (115kB)
[img] Text
5. BAB V clear.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (42kB)
[img] Text
lampiran.doc

Download (882kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Upaya Guru dalam Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2014/2015”, ini ditulis oleh Firma Nurfika, NIM: 3211113074, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dibimbing oleh: Dr.Luk Luk Nurmufidah,M.Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Fiqih di madrasah, dimana siswa kurang termotivasi dan memahami pembelajaran Fiqih sehingga hasil belajar siswa belum memuaskan. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan menggunakan media visual. Dimana penggunaan media visual dalam proses belajar mengajar dapat membantu pemahaman siswa dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru dalam penggunaan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Apa peranan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Apa faktor penghambat dan faktor pendorong media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun Tujuan peneliti adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam penggunaan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Untuk mengetahui peranan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih kelas VIII MTs Negeri Langkapan Tahun Ajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pola penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs Negeri Langkapan Srengat Kabupaten Blitar. Sumber data yang peneliti dapatkan dari guru mata pelajaran Fiqih, siswa, dan dokumen MTs Negeri Langkapan. Menggunakan sampling kelas VIII D. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan verifikasi/ simpulan data. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil Penelitian: 1) Upaya guru dalam penggunaan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih adalah melakukan bimbingan pada saat pembiasaan pengembangan diri, menggunakan media pembelajaran yang tepat, menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving), dan menggunakan pendekatan individu. 2) Peranan media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di Mts Negeri Langkapan Srengat Kabupaten Bliat bahwa media visual sering digunakan dan juga media visual sangat berperan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs langkapan Srengat Blitar. Terbukti jika hasil belajar siswa meningkat jika dibandingkan guru tidak menggunakan media karena siswa cenderung membosankan. 3) Faktor penghambat dan faktor pendukung media visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqih di MTs Negeri Langkapan Srengat Blitar adalah sebagai berikut, Faktor pendukung meliputi: fasilitas sarana dan prasarana, adanya waktu yang optimal dalam pembelajaran, adanya minat dalam diri siswa. Faktor penghambat meliputi: Kurang menguasai kelas, Pengaruh Lingkungan kelas, dan terbatasnya media pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: firma nur fiika
Date Deposited: 01 Dec 2015 02:40
Last Modified: 01 Dec 2015 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item