PENGARUH PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGRI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ZUHRIAH, LAILI AMINATU (2009) PENGARUH PROFESIONALISME GURU AQIDAH AKHLAK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGRI ARYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
bab 1 skripsi laili baru.doc

Download (59kB)
[img] Text
BAB III skripsi laili.doc

Download (64kB)
[img] Text
BAB IV sekripsi laili.doc

Download (259kB)
[img] Text
BAB V skripsi laili.doc

Download (25kB)
[img] Text
lampiran skripsi laili.doc

Download (131kB)
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Madrasah Tsanawiyah Aryojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Laili Aminatu Zuhriah, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Tulungagung. Pembimbing Uswah Wardiana, M.Si, NIP 150 295 325 Kata kunci: Profesionalisme Guru Aqidah Akhlak, Kecerdasan Emosional. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran terhadap kecerdasan emosional siswa di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan media pembelajaran terhadap kecerdasan emosional siswa di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan evaluasi terhadap kecerdasan emosional siswa di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung?. Pola penelitian : penelitian deskriptif, penelitian korelatif, penelitian kuantitatif, penelitian kasus. Populasi : seluruh siswa MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung 2009 yang berjumlah 607 siswa. Sampling : proposional sampling, sampling random. Sampel : 61 siswa. Variabel bebas : profesionalisme guru aqidah akhlak (X) dengan sub variabel profesional dalam menggunakan metode pembelajaran (X1), profesional dalam menggunakan media pembelajaran (X2), profesional dalam menggunakan evaluasi (X3), variabel terikat : keceerdasan emosional siswa (Y). Sumber data : sumber data primer: responden. Sumber data sekunder : dokumentasi. Metode pengumpulan data : metode observasi, metode angket, metode interview, metode dokumentasi. Instrumen Pengumpulan Data : Pedoman Observasi, Pedoman Interview, Pedoman Dokumentasi, Angket. Teknik analisis data : data teoritis menggunakan metode deduktif, komparatif dan data empiris menggunakan metode induktif dengan bantuan statistik melalui rumus koefisien kontingensi, chi kuadrat dan phi. Hasil penelitian : 1. Ada pengaruhi yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran dengan kecerdasan emosional siswa MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan media pembelajaran dengan kecerdasan emosional siswa MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung. 3. Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara profesionalisme guru aqidah akhlak dalam menggunakan evaluasi dengan kecerdasan emosional siswa MTsN Aryojeding Rejotangan Tulunagung. Saran-saran : 1. Bagi orang tua :Hendaknya orang tua berpartisipasi dalam pembinaan dan pengarahan, agar siswa terarah secara positif dan kontributif dalam belajar anak-anaknya demi keberhasilan belajar dan meningkatkan kecerdasan – kecerdasan khususnya kecerdasan emosional siswa. 2. Bagi sekolah : Hendaknya guru lebih berkompeten dan memiliki syarat-syarat sebagai guru agar dapat mendidik, mengajar, membimbing mengarahkan, melatih dan menilai siswa serta memberikan petunjuk, pengarahan, kontrol pembinaan secara kondusif terhadap siswa dalam sistem belajar mengajar bagi keberhasilan belajar dan perkembangan kecerdasan emosional siswa. 3. Bagi peneliti yang akan datang : Hendaknya bagi peneliti lanjutan yang meneliti tentang hubungan profesionalisme guru aqidah akhlak dengan kecerdasan emosional siswa, hendaknya lebih mengembangkan lagi variabel bebasnya untuk memperoleh hasil penelitian yang maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 06:34
Last Modified: 02 Oct 2015 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item