UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG PADA SISWA KELAS 2

ASRORI, M. IMAM (2009) UPAYA PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) DI SMPN 1 NGANTRU TULUNGAGUNG PADA SISWA KELAS 2. [ Skripsi ]

[img] Text
b2-tok.rtf

Download (194kB)
[img] Text
b-4-ror.doc

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (84kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (34kB)
[img] Text
pstoko-ror.doc

Download (52kB)
[img] Text
cov0.rtf

Download (1MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan (PAKEM) di SMPN 1 Ngantru Tulungagung Pada Siswa Kelas 2 “ ini ditulis oleh M.Imam Asrori, Pendididikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211053039 Tahun 2009 dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag Kata Kunci: Model PAKEM Latar Belakang Masalah: Dalam proses pembelajaran PAKEM diharapkan seorang guru mampu “melakukan reformasi sekolah, yaitu menciptakan komunikasi belajar di sekolah, guru harus belajar agar dapat mengajar siswa dengan baik, mengusahakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, mengurangi ceramah, berusaha melihat dan mendengar siswa dengan baik”. Guru yang sesuai dengan peranannya adalah “guru yang bermata lebar, bertelinga besar dan bermulut kecil.”. Rumusan Masalah: 1. Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung pada kelas 2?, 2. Bagaimana upaya peningkatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung pada kelas 2 melalui model pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan (PAKEM)?, 3. Bagaimana hasil upaya peningkatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngantru Tulungagung pada kelas 2 melalui model pembelajaran aktif kreatif dan menyenangkan (PAKEM)? Metode Penelitian: (1). Pendekatan: kualitatif, (2). Jenis Penelitian: deskriptif dan studi kasus, (3). Kehadiran peneliti: peneliti hadir di lokasi SMPN 1 Ngantru Tulungagung. (4). Sumber Data: Informan terdiri dari tenaga pengajar. (5). Metode Pengumpulan Data: Observasi, wawancara dan dokumentasi, (6). Analisis Data: data dianalisis dengan pendekatan kualitatif, (7). Pengecekan Keabsahan Temuan: perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil-hasil Penelitian: 1. Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Model pembelajaran PAKEM di SMPN I Ngantru Guru PAI SMPN I Ngantru dengan menciptakan model pembelajaran PAKEM berlatar belakang mengedepankan rasa persaudaraan, kekeluargaan dan kebersamaan dalam membangun kerjasama terhadap murid. Guru PAI juga melihat seluruh peserta didik mempunyai hak dan kewajiban dalam menciptakan model pembelajaran PAKEM. Ia tidak memandang bawahan sebagai peserta didik, tetapi sama-sama bekerja untuk kepentingan bersama, 2) Upaya Guru PAI SMPN I Ngantru dalam Menciptakan Model pembelajaran PAKEM adalah dengan a) Memulai segala bentuk program sekolah dengan bermusyawarah, b) Membudayakan penyelesaian Kesalahan Pribadi Guru PAI dan sesama, c) Memberikan Teladan, d) Melakukan gerakan penciptaan model pembelajaran PAKEM secara bersama-sama, mulai dari pimpinan, komite dan siswa, 3) Hasil-Hasil Guru PAI SMPN I Ngantru dalam upaya menciptakan model pembelajaran PAKEM adalah a) Banyaknya guru yang tidak mempunyai komitmen dalam penciptaan model pembelajaran yang efektif, b) Kesadaran Guru dalam menciptakan model pembelajaran PAKEM yang efektif yang masih rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 02:26
Last Modified: 02 Oct 2015 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item