KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP

PRIMADONA, HITARO (2009) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP. [ Skripsi ]

[img] Text
b1.doc

Download (120kB)
[img] Text
B-3 taro.doc

Download (87kB)
[img] Text
b4-taro.doc

Download (80kB)
[img] Text
b5.doc

Download (36kB)
[img] Text
bab2-taro.doc

Download (129kB)
[img] Text
COV-HITARO-PROP.doc

Download (58kB)
[img] Text
cov-skr-taro.doc

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (41kB)
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Pendidikan Seumur Hidup“ ini ditulis oleh Hitaro Primadona, Pendididikan Agama Islam (PAI), NIM: 3211033056, dibimbing oleh Drs. Nur Efendi, M.Ag. Latar Belakang Masalah: Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Sedangkan dalam Islam, pembentukan moral yang tinggi adalah tujuan dalam pendidikan Islam. Dan pendidikan harus dikonsepkan secara formal sebagai proses yang terus menerus dalam kehidupan individu, mulai kanak-kanak awal sampai dewasa, agar mampu menjadi tameng yang sekaligus dijadikan filter dan juga dijadikan pegangan dalam bersikap dan tingkah laku bagi para remaja untuk dijadikan tameng dalam menghadapi tantangan jaman. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana konsep Pendidikan Agama Islam ?, 2) Bagaimana konsep pendidikan seumur hidup ?, 3) Bagaimana konsep pendidikan agama Islam dalam mewujudkan pendidikan seumur hidup ? Metode Penelitian: 1. Jenis Penelitian: penelitian pendidikan, penelitian eksploratif, penelitian deskriptif, penelitian kepustakan, penelitian analisis isi, 2. Data dan Sumber data: data teoretis yang berupa data primer dan sekunder, dan bersumber dari kajian ilmiah dan internet. 3. Metode Pengumpulan Data: metode dokumentasi. 4. Metode Analisis Data: metode induksi dan deduksi. Kesimpulan: 1) Pendidikan pendidikan agama Islam, yakni upaya mendidikkan agama Islam atau ajaran Islamdan nilai-nilainya, agar menjadi way of life (pandangan dan sikap hidup) seseorang, 2) Konsep pendidikan seumur hidup adalah kemampuan yang dimiliki oleh para penanggung jawab pendidikan dalam mendidik anak-anak didiknya, karena kemampuan yang dimilikinya. Tanggung jawab pendidikan tersebut antara lain ditanggung oleh orang tua sebagai pendidik rumah tangga, guru (pendidik) sebagai penanggung jawab pendidikan di sekolah dan tokoh-tokoh masyarakat sebagai penanggung jawab pendidikan dalam masyarakat, 3) Konsep Pendidikan agama Islam dalam mencapai pendidikan seumur hidup adalah dengan diperlukannya pergaulan yang merupakan unsur lingkungan yang turut serta mendidik seseorang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Oct 2015 02:00
Last Modified: 02 Oct 2015 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item View Item