KORELASI ANTARA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SDN TANJUNGKALANG V NGRONGGOT NGANJUK

PRATIWI, PRADNYA PARAMITA (2009) KORELASI ANTARA LINGKUNGAN PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SDN TANJUNGKALANG V NGRONGGOT NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
Abstrak.doc

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (73kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.doc

Download (154kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.doc

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV MITUN.doc

Download (591kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP MITUN.doc

Download (45kB)
[img] Text
cover.doc

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (37kB)
Official URL: http://repo.uinsatu.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Korelasi Antara Lingkungan Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa di Sekolah Dasar Negeri Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk” ini ditulis oleh Pradnya Paramita Pratiwi dibimbing oleh DR. Akhyak, M.Ag. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi (1) Fenomena minimnya kesadaran dan pengetahuan siswa tentang pelajaran Pendidikan Agama Islam (2) Lingkungan sekitar sangat berperan dalam membentuk perkembangan dan kepribadian siswa. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD Negeri Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana korelasi antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk? (2) Bagaimana korelasi antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk? (3) Bagaimana korelasi antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran yang berkaitan dengan (1) Korelasi antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk (2) Korelasi antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk (3) Korelasi antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas profesi sebagai pengajar. Bagi Sekolah Dasar Negeri Tanjungkalang V Nganjuk, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, baik para guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti. Dalam penelitian ini digunakan metode angket, interview, observasi, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat korelasi lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar PAI siswa. Sedangkan metode interview, observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan metode di atas, penulis menggunakan rumus product moment. Setelah data dianalisis, akhirnya disimpulkan bahwa (1) Ada korelasi yang sangat signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar PAI siswa SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009, dengan hasil hitung r hitung dengan subyek 45 siswa sebesar 0,977, dimana r hitung > r tabel = 0,977 > 0,288 pada taraf signifikansi 5%. (2) Ada korelasi yang sangat signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar PAI siswa SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009, dengan hasil hitung r hitung dengan subyek 45 siswa sebesar 0,390, dimana r hitung > r tabel = 0,390 > 0,288 pada taraf signifikansi 5% (3) Ada korelasi yang sangat signifikan antara lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar PAI siswa SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009, dengan hasil hitung r hitung dengan subyek 45 siswa sebesar 0,388, dimana r hitung > r tabel = 0,388 > 0,288 pada taraf signifikansi 5%. Ada korelasi yang sangat signifikan antara lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar PAI siswa SDN Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk tahun pelajaran 2008/2009, dengan hasil hitung r hitung dengan subyek 45 siswa sebesar 0,345, dimana r hitung > r tabel = 0,345 > 0,288 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja diterima. Tingkat hubungan antara lingkungan pendidikan dengan prestasi belajar PAI siswa di SD Negeri Tanjungkalang V Ngronggot Nganjuk termasuk dalam kategori tinggi dan kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2015 01:42
Last Modified: 30 Sep 2015 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item