PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

HIDAYAH, MIFTAHUL (2011) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I...ITA... - Copy.rtf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II...ITA....rtf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III...ITA....rtf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV...ITA....rtf

Download (485kB)
[img] Text
BAB V...ITA....rtf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR rujukan.docx

Download (22kB)
[img] Text
persembahan.docx

Download (98kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” disusun oleh Miftahul Hidayah NIM: 3211073078, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Dosen Pembimbing:Nur Kholis, M.Pd. Kata kunci: Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Yang menjadi fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung(2) Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara atau interview. Metode dokumentasi untuk mengetahui keadaan sekolah, baik guru, sarana prasarana dan sebagainya. Metode observasi dan interview digunakan untuk mengetahui secara mendalam tentang fokus masalah serta melakukan pendekatan kepada para informan untuk mencari data. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas, penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian yang diperoleh di MI Tarbiyatul Islamiyah partisipasi masyarakat dalam bentuk sarana itu cukup baik, ini terbukti semua pengadaan gedung MI dari hasil gotong royong masyarakat. Dalam bentuk pengadaan guru cukup baik, ini dapat dilihat pada jumlah guru dan karyawan yang sebagian besar dari masyarakat disekitar MI Tarbiyatul Islamiyah. Sedangkan dalam bentuk tenaga baik, ini terlihat terlihat ketika sekolah setiap mengadakan kerja bakti dan acara sosial selalu didukung dengan sepenuh hati serta aktif dalam kegiatan tersebut oleh masyarakat. Faktor ekonomi ini yang dominan jika ekonomi mayarakat baik akan mudah dalam berpartisipasi, sebaliknya jika ekonomi masyarakat ekonominya jelek juga akan sulit untuk berpartisipasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Sep 2015 07:41
Last Modified: 28 Sep 2015 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item