PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS ( TWO STAY TWO STRAY ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMK VETERAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

PRASETIYO, ENDRIK PAJAR (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS ( TWO STAY TWO STRAY ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMK VETERAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I-4 endrikn.doc

Download (2MB)
[img] Text
Cover-Abstrak.doc EP[.doc

Download (186kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Pajar Prasetiyo, Endrik 3214073022, 2011.”Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray)Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. Skripsi”, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Tarbiyah, STAIN Tulungagung. Pembimbing: Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Hasil Belajar. Dalam dunia pendidikan, pelajaran matematika memiliki porsi terbanyak, tetapi kenyataan yang terjadi selama ini, siswa menganggap matematika sebagai monster yang paling manakutkan. Matematika di dakwa sebagai biang kesulitan dan hal yang paling dibenci dalam proses belajar di sekolah. Padahal ketidaksenangan terhadap suatu pelajaran berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Karena tidak senang, akan membuat siswa enggan dan malas untuk belajar dan secara langsung akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Dua tinggal dua tamu” merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif “dua tinggal dua tamu” adalah (1) persiapan, (2) presentasi guru, (3) kegiatankelompok, (4) presentasi kelompok, (5) evaluasi dan penghargaan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TSM dan X TKR-2 SMK Veteran 1 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah1) Adakah pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung ? 2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung ? Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. Pola penelitian yang digunakan yaitu eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Veteran 1 Tulungagung yang berjumlah 155 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik sampling acakan atau random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Veteran 1 Tulungagung mulai tanggal 11-25 Mei 2011. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis t-test. Dari hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran melalui model Two Stay Two Sray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada pokok bahasan program linier di SMK Veteran 1 Tulungagung tahun ajaran 2010/2011dengan nilai ttabel (1% = 2,660) < thitung (6,046) > ttabel (5% = 2,000), yang berarti bahwa nilai thitung lebih dari nilai ttabel baik pada taraf 5% maupun 1% (2). Sedangkan besarnya pengaruh pembelajaran melalui model Two Stay Two Sray terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X pada pokok bahasan program linier di X SMK Veteran 1 Tulungagung adalah 26,83 %. Mengacu dari hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu bagi: 1)Guru, sebagai bahan pertimbangan strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga guru dapat memilih model pembelajaran apa yang paling tepat digunakan serta hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan dalam kegiatan belajar mengajar disekolah. 2) Siswa, dapat menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar lebih giat dengan adanya penggunaan model pembelajaran yang tepat serta diharapkan dapat membantu siswa lebih memahami materi dengan selalu mengaitkan isi pembelajaran yang mereka dapatkan dalam kehidupan sehari-hari.3)Peneliti Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray )dan memperdalam pengetahuan serta cara pengajaran yang baik khususnya dengan menggunakan model pembelajaran pada pelajaran matematika. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat mengembangkan pengetahuan yang berkaitan dengan pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap minat dan hasil belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Sep 2015 07:13
Last Modified: 28 Sep 2015 07:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/2410

Actions (login required)

View Item View Item