Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2013/2014

Sholihah, Ummu (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Durenan Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Cooperative Script, Motivasi, Hasil Belajar Pendidikan memegang peranan penting dalam mewujudkan pembangungan bangsa. Salah satu cerminan kualitas pendidikan di sekolah adalah hasil belajar yang dicapai siswa. Hal yang mendukung dalam pencapaian hasil belajar matematika yang optimal adalah motivasi dalam diri siswa sendiri Motivasi belajar matematika siswa saat ini masih tergolong rendah sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Kejenuhan siswa tentang sistem pembelajaran dalam proses belajar mengajar matematika, seperti metode ceramah yang selama ini digunakan membuat siswa bosan dan selalu menganggap sulit pelajaran matematika sehingga peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat siswa bergairah kembali dalam mengikuti proses belajar di kelas sehingga hasil belajarpun akan meningkat. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan Trenggalek. Model pembelajaran cooperative script merupakan metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan, (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Durenan yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 147 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dikenal juga dengan sampling pertimbangan ialah teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A dan VIII D dengan jumlah 71 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post test, angket motivasi, dokumentasi serta observasi. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus T-test. Sebelum menguji dengan T-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap xvii motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan tahun ajaran 2013/2014 dengan nilai thitung = 2,22 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,000 (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Islam Durenan tahun ajaran 2013/2014 dengan nilai thitung = 3,22 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Durenan tahun ajaran 2013/2014”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 02 Dec 2014 02:08
Last Modified: 02 Dec 2014 02:08
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item