UPAYA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2010/ 2011

FITRIYA, HUSNUL LAILI (2011) UPAYA GURU AL-QURAN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MTs DARUL HUDA WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2010/ 2011. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB 1.doc

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (49kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.doc

Download (31kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Husnul LF.doc

Download (31kB)
[img] Text
DEPAN SKRIPSI.doc

Download (210kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Skripsi dengan judul “ Upaya Guru AL- Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar” yang ditulis oleh Husnul Laili Fitriya, nim: 3211073064,Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung, Yang dibimbing oleh Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru AL- Qur’an Hadits, Kesulitan Belajar Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya kita temui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran AL-Qur’an Hadits, kesulitan belajar tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Jika kesulitan-kesulitan yang ada itu tidak di atasi dan dicarikan solusinya dengan seksama maka akan mempengaruhi pada keberhasilan belajar siswa-siswi. Oleh karena itu, berbagai pihak yang bersangkutan yaitu Guru AL-Qur’an Hadits Berusaha mengatasinya dengan berbagai cara agar tercapai tujuan pendidikan yang seoptimal mungkin. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: (1) Untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswa Kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru al- qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru al-qur’an hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar. Pendektan yag digunakan dalam penelitian ini adalah kualitratif. Lokasi penelitian terletak di MTs Darul Huda . Data yang peneliti dapatkan dari, guru al-qur’an hadits dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa-siswi kelas VIII C pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits yaitu: Memahami materi pelajaran Al Qur’an Hadits, Menghafal ayat Al Qur’an dan Hadits, Mempraktekkan hukum bacaan (tajwid), 2) Cara guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MTs Darul Huda Wonodadi Blitar sudah diterapkan pada siswanya dengan cukup baik. Adapun bentuknya meliputi: Guru Al Qur’an Hadits membentuk kelompok siswa untuk membuat rangkuman tentang penjelasan materi, Guru mendemonstrasikan bacaan ayat Al Qur’an dan Hadits serta melatih siswa membaca ayat tersebut secara perorangan maupun kelompok, Memberikan latihan-latihan secara individu maupun kelompok baik di sekolah ataupun di rumah, Senantiasa memberikan motivasi, Memahami materi dengan model permainan seperti adu cepat tempel kertas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Sep 2015 03:23
Last Modified: 28 Sep 2015 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item